META-ANALYSIS OF USING HANDOUTS TO ENHANCE CHEMISTRY STUDENT'S LEARNING OUTCOMES
Handout yakni bahan ajar yang disiapkan oleh guru sebagai sumber belajar yang dapat digunakan peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan dan wawasan. Pembahasan tentang handout pada artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout sebagai penunjang pembelajaran kimia dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode meta-analisis dengan cara membandingkan informasi menggunakan beberapa artikel yang seragam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan non tes yaitu menelusuri artikel dengan search engine Research Gate, Science Direct, dan DOAJ secara online. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa handout dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perbandingan hasil belajar peserta didik dapat diamati dari persentase sebelum dan setelah menggunakan handout. Analisis data diolah menggunakan uji statistik tipe paired sample. Berdasarkan hasil uji analisis dari enam penelitian tentang handout didapatkan rata-rata peningkatan hasil belajar yang signifikan sebesar 37,50%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan handout dapat dipergunakan sebagai penunjang pembelajaran kimia.
Kata Kunci: Handout, Kimia, Hasil Belajar
Handouts are teaching materials prepared by the teacher as a learning resource that students can use in developing knowledge and insights. This article was written to report the well-prepared steps and their results of how the above mentioned concept was released. The method used is a meta-analysis method by comparing several similar articles to know the scientific effect of using them. The data collection technique used non-test, by browsing articles with Researchgate, Science Direct and DOAJ. Based on the result of the analysis, it was found that handouts can improve student learning outcomes. Comparison of student learning outcomes was observed from the percentage before and after using the handouts. Data analyzed used statistical test type paired sample. Based on the results of the analysis test from six studies on handouts, it was found that a significant increase in learning outcomes was 37,50%. These results indicate that the use of handouts can be used to support chemistry learning.
Keywords: Handouts, Chemistry, Learning Outcomes