PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL SEBAGAI REPRESENTASI CV MULYA TEMPE SURABAYA
VISUAL IDENTITY DESIGN AS REPRESENTATION OF CV MULYA TEMPE SURABAYA
Mulya Tempe merupakan UMKM yang menjual produk tempe fresh di supermarket yang ada di Surabaya, namun Mulya Tempe belum memiliki identitas visual yang jelas dan konsisten sejak berdirinya di tahun 1995, sehingga kurang memiliki daya tarik terhadap konsumen baru. oleh kerena itu diperlukan perancangan identitas visual guna membantu mengangkat citra Mulya Tempe yang selama ini belum jelas dan konsisten identitas visualnya sehingga mampu menghadapi persaingan pasar juga menjaga eksistensinya. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking Kelley & Brown 5 tahapan dengan teknik analisis SWOT dan USP. Hasil dari perancangan ini adalah identitas visual berupa logo, desain label kemasan, elemen visual pendukung seperti supergrafis, typeface, warma dan media pendukung beserta buku pedoman Graphic Standard Manual (GSM), semua pengaplikasian identitas visual Mulya Tempe ini diatur didalam GSM. Hasilnya rancangan ini mampu mewujudkan harapan Mulya Tempe untuk memperoleh citranya yang semakin menguat berkat identitas visual yang baru dengan menjangkau konsumen-konsumen baru dan menjaga eksistensi Mulya Tempe di pasarnya.
Kata Kunci : Identitas Visual, UMKM, Mulya Tempe, Logo, Desain Label Kemasan, Graphic Standard Manual.
Mulya Tempe is an MSME that sells fresh tempe products in supermarkets in Surabaya, however Mulya Tempe has not had a clear and consistent visual identity since its founding in 1995, so it lacks appeal to new consumers. Therefore, it is necessary to design a visual identity to help elevate the image of Mulya Tempe, which so far has not had a clear and consistent visual identity so that it is able to face market competition and maintain its existence. This design uses the Kelley & Brown 5-stage Design Thinking method with SWOT and USP analysis techniques. The result of this design is a visual identity in the form of a logo, packaging label design, supporting visual elements such as supergraphics, typeface, color and supporting media along with a Graphic Standard Manual (GSM) guidebook. All applications of Mulya Tempe's visual identity are regulated in GSM. As a result, this design is able to realize Mulya Tempe's hopes of gaining an increasingly stronger image thanks to a new visual identity by reaching new consumers and maintaining Mulya Tempe's existence in the market.
Keywords: Visual Identity, Mulya Tempe MSMEs, Logo, Packaging Label Design, Graphic Standard Manual.