Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau Dari Tahun Angkatan Pada Mahasiswa Fakultas X
The Difference Of Perceived Academic Stress Viewed From The Year Of Force College Student On Faculty X
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perceived academic stress jika ditinjau dari tahun angkatan pada Fakultas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISH pada salah satu Universitas di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun angkatan kedua (2018) dan tahun ketiga (2017) dengan total populasi 624 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Perceived Academic Stress Scale (PASS). Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Analisis data yang menggunakan teknik independent sample t-test diperoleh p-value 0,034 (p<0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Perbedaan nilai tersebut memberi asumsi bahwa mahasiswa tahun kedua memiliki tingkat perceived academic stress lebih tinggi dari pada mahasiswa tahun ketiga. Hasil hipotesis juga dapat diperkuat dengan melihat perbandingan nilai rata – rata mahasiswa tahun kedua yang lebih tinggi dari mahasiswa tahun ketiga (49,13>48,29).
Kata kunci: perceived academic stress, tahun angkatan, mahasiswa.
This study aims to determine the differences in perceived academic stress when viewed from the year of force at Faculty X. This study uses a comparative quantitative method. This study is a population study, while the population in this study is a student at one of the universities in Surabaya. The population in this study were second year (2018) and third year (2017) students with a total population of 624 people. The instrument used in this study was the Perceived Academic Stress Scale (PASS). The data analysis technique used is the Independent Sample T-test. The results showed that there was a significant difference between perceived academic stress in terms of years of force in Faculty X students. Data analysis using the independent sample t-test technique obtained a p-value of 0.034 (p <0.05), so that H0 was rejected and H1 received. The difference in grades assumes that second year students have a higher level of perceived academic stress than third year students. Hypothesis results can also be strengthened by looking at the comparison of the average scores of second year students which are higher than third year students (49.13> 48.29).
Keywords: perceived academic stress, year of force, students.