PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKER BOOK BERBASIS ANDROID AUDIO VISUAL MATERI IPS KELAS IV
SDN MLANCU I KAB. KEDIRI
DEVELOPMENT OF FUN THINKER BOOK LEARNING MEDIA BASED ON ANDROID AUDIO VISUAL CLASS IV IPS MATERIAL
SDN MLANCU I DISTRICT. KEDIRI
Nama : Dyah Aditya Ningrum
NIM : 19010644013
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Ganes Gunansyah, S. Pd., M. Pd.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mencakup materi yang memiliki peran penting bagi perkembangan pengetahuan siswa sekolah dasar. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa diantaranya yakni terdapat ketidaksesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dirancang oleh guru dengan pelaksanaan di kelas, keterbatasan ketersediaan media pembelajaran di kelas IV. Hal ini membuat siswa merasa bosan dan tidak termotivasi. Oleh karena itu, dibutuhkan media yang menarik dan menyenangkan, serta melatih kemandirian siswa saat pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran Fun Thinker Book Berbasis Android Audio Visual Materi IPS kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui mengenai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Subjek penelitian ini meliputi seorang ahli media, ahli materi, dan 21 siswa kelas IV SDN Mlancu I Kab. Kediri.
Media Fun Thinker Book Berbasis Android Audio Visual dinyatakan sangat valid dan sangat layak dengan persentase skor dari ahli media sebesar 92% dan persentase skor dari ahli materi sebesar 87 % sehingga termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak. Media ini juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil pengisian angket respon siswa yang mendapatkan persentase sebesar 98%. Hasil perbandingan prettest dan posttest menunjukan bahwa media pembelajaran dapat dikatakan efektif dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,87 dengan kriteria tinggi karena termasuk ke dalam rentang 0,70 < g < 1.00. Dari perolehan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran Fun Thinker Book Berbasis Android Audio Visual yang dikembangkan peneliti sangat valid dan sangat layak, sangat praktis, dan efektif ketika diterapkan dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi keragaman rumah adat di Indonesia kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci: penelitian pengembangan, ADDIE, Fun Thinker Book Berbasis Android Audio Visual, keragaman rumah adat Indonesia.
ABSTRACT
Name : Dyah Aditya Ningrum
Study Program : S-1
Departement : Elemantary School Teacher Education
Fakulty : Faculty of Education
University : State University of Surabaya
Advisor : Ganes Gunansyah, S. Pd.
Social Studies (IPS) Learning encompasses materials that play a crucial role in the development of elementary school students' knowledge. In its implementation, there are several challenges faced by teachers and students, including inconsistencies between the Lesson Implementation Plan (RPP) designed by teachers and its execution in the classroom, as well as the limited availability of learning media in the fourth-grade classroom. This leads to students feeling bored and unmotivated. Therefore, there is a need for engaging and enjoyable media that also fosters students' independence in learning both at school and outside to address these issues. This research falls under the category of development research (Research and Development - R&D) using the ADDIE development model, resulting in an Android-based Audio Visual IPS Learning Media product for fourth-grade elementary school called 'Fun Thinker Book.' This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed media. The research subjects include a media expert, a subject matter expert, and 21 fourth-grade students from SDN Mlancu I, Kediri Regency.
The Android-based Audio Visual Fun Thinker Book Media is considered highly valid and very feasible, with a media expert's score of 92% and a subject matter expert's score of 87%, falling into the 'highly valid and very feasible' category. The media is also deemed highly practical, with a student response questionnaire yielding a 98% score. The pretest and posttest comparison results indicate that the learning media can be considered effective, with an N-Gain score of 0.87, categorized as 'high' because it falls within the range of 0.70 < g < 1.00. From this data, it can be concluded that the Android-based Audio Visual Fun Thinker Book Learning Media developed by the researcher is highly valid, very feasible, highly practical, and effective when applied in IPS learning, particularly in the topic of Indonesian traditional house diversity for fourth-grade elementary school students.
Keywords: development research, ADDIE, Android-based Audio Visual Fun Thinker Book, Indonesian traditional house diversity.