Fathoni, Ahmad. 2020. Pengaruh Problem Based Learning Terintegrasi STEM
(Science, Technology, Engineering, and
Mathematics ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik
dan Elektronika di SMK PGRI 1 Surabaya ditinjau dari Tingkat Berpikir Kreatif.
Tesis. Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Pascarsarjana
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supari Muslim, M.Pd. dan
(II) Dr. Euis Ismayati, M.Pd.
Kata-kata
Kunci: Problem Based Learning, STEM ,
Tingkat Berpikir Kreatif, Hasil Belajar.
Penerapan model pembelajaran dan
pendekatan pembelajaran yang tepat pada proses pembelajaran, dapat mendorong
siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif sehingga memperoleh hasil
belajar yang baik. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan
untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil
belajar antara siswa yang belajar dengan model PBL terintegrasi STEM dengan
siswa yang belajar dengan model PBL tanpa terintegrasi STEM pada mata pelajaran
Dasar Listrik dan Elektronika di SMK PGRI 1 Surabaya; (2) menganalisis
perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki TBK tinggi dan TBK rendah pada mata
pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK PGRI 1 Surabaya; (3)
menganalisis interaksi antara model pembelajaran dengan TBK pada mata pelajaran
Dasar Listrik dan Elektronika di SMK PGRI 1 Surabaya.
Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian
ini adalah siswa kelas X TITL SMK PGRI 1 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang
berjumlah 50 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan tes.
Teknik analisis data menggunakan teknik Anava 2 Jalur.
Sejalan
dengan tujuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar
dengan menggunakan PBL terintegrasi STEM memperoleh hasil belajar yang lebih
tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan PBL tanpa
terintegrasi STEM pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK PGRI
1 Surabaya; (2) siswa yang memiliki TBK tinggi memperoleh hasil belajar yang
lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki TBK rendah pada mata pelajaran
Dasar Listrik dan Elektronika di SMK PGRI 1 Surabaya; (3) terdapat interaksi
antara model pembelajaran dan tingkat berpikir kreatif terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK PGRI 1 Surabaya.