VIDEO TUTORIAL KELINGKING SUMBAWA ART FOR THE PROCESS OF LEARNING TEACHING SPECIAL EDUCATION TEACHERS
Penggunaan video tutorial seni kelingking sumbawa untuk menyiapkan guru pendidikan khusus agar memiliki bekal dan kreatifitas dalam melakukan proses belajar mengajar di sekolah. Kerajinan seni kelingking dikenal sebagai seni khas dari Suku Sumbawa yang berupa corak-corak yang sering digunakan sebagai hiasan serta dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pengembangan materi pada pendidikan vokasional ataupun seni. Video tutorial sebagai efek dari perkembangan zaman memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan sebagai salah satu media pengembang pembelajaran seperti dalam mengenalkan budaya lain yaitu seni kelingking dari daerah Sumbawa. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis penggunaan video tutorial seni kelingking dalam proses belajar mengajar oeh guru pendidikan luar biasa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini yaitu literatur riview. Data dikumpulkan melalui jurnal-jurnal yang relevan dengan topik artikel ilmiah ini. Jurnal-jurnal tersebut dianalisis dan menghasilkan data yang deskriptif. Analisis jurnal diperoleh hasil bahwa dengan penggunaan video tutorial seni kelingking sumbawa yang memiliki pengaruh bagi guru pendidikan khusus dalam perkembangan media digital untuk menunjang proses belajar mengajar oleh guru pendidikan khusus kepada peserta didik berkebutuhan khusus yang dapat diterapkan serta dijadikan salah satu metode dan bahan ajar didalam pembelajaran.
The use of Sumbawa Kelingking art tutorial videos to prepare special education teachers to have the provision and creativity in carrying out the teaching and learning process in schools. Kelingking art is known as a typical art of the Sumbawa Tribe in the form of patterns that are often used as decoration and can be used as one of the development materials in vocational or artistic education. Video tutorials as an effect of the times have many benefits that can be used as a medium for developing learning such as in introducing other cultures, namely the Kelingking art from Sumbawa. The purpose of this article is to analyze the use of video tutorials on Kelingking art for the teaching and learning process by special education teachers. The method used in g this article is literature review. Data were collected through journals relevant to the topic of this article. These journals were analyzed and produced descriptive data. Journal analysis showed that with the use of Sumbawa Kelingking art video tutorials which have an influence on special education teachers in the development of digital media to support the teaching and learning process by special education teachers to students with special needs that can be applied and used as one of the methods and teaching materials in learning.