PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 GROGOL
PERCEPTIONS OF TEACHERS AND STUDENTS ABOUT SCIENTIFIC APPROACH IN SCIENCE LEARNING AT SMP NEGERI 1 GROGOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa tentang Scientific Approach dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan subjek 2 guru IPA dan 10 siswa acak dari kelas VII dan VIII yang menggunakan pendekatan saintifik berbasis inkuiri. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu dokumen pembelajaran, wawancara guru dan siswa, lembar angket guru dan siswa, dan 10 soal pemahaman pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen, wawancara, angket, dan soal pemahaman yang nantinya akan dideskripsikan. Hasil dari menganalisis dokumen pembelajaran dan wawancara menyatakan bahwa guru sudah menyusun dokumentasi pembelajaran dengan lengkap dan sesuai dengan tahapan Scientific Approach. Implementasi tahapan Scientific Approach oleh guru dan siswa yang didapatkan dari analisis angket menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan Scientific Approach terlaksana dengan tepat, namun pada tahapan mengomunikasikan tidak berjalan dengan baik dikarenakan adanya keterbatasan waktu. Hasil dari pengerjaan soal pemahaman mengenai Scientific Approach, menyatakan bahwa kualitas belajar siswa menggunakan pembelajaran dengan Scientific Approach yang berbasis inkuiri sudah cukup baik.
This study aims to determine the perceptions of teachers and students about the Scientific Approach in science learning. This study used a survey method, with the subjects of 2 science teachers and 10 random students from grades VII and VIII who used the inquiry-based scientific approach. The research instruments used, namely learning documents, teacher and student interviews, teacher and student questionnaire sheets, and 10 questions about understanding the scientific approach. The data collection techniques used in this research are document analysis, interviews, questionnaires, and comprehension questions which will later be described. The results of analyzing learning documents and interviews stated that the teacher had compiled complete learning documentation and in accordance with the stages of the Scientific Approach. The implementation of the stages of Scientific Approach by teachers and students obtained from questionnaire analysis stated that learning using Scientific Approach was carried out appropriately, but at the stage of communicating did not go well due to time constraints. The results of the test stated that the quality of student learning using inquiry-based Scientific Approach learning was quite good.
Keywords: Scientific Approach, Incuiry, Science Learning