Penggunaan YouTube untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Daring: Persepsi dan Kesulitan Siswa
Using YouTube for Speaking in Online Learning: EFL Students Perception and Difficulties
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan YouTube dalam keterampilan berbicara EFL selama pembelajaran online dan untuk mengetahui kesulitan siswa dan bagaimana mereka menyelesaikannya. Penelitian ini melibatkan 32 orang peserta dari jurusan non-Bahasa Inggris yang terdiri dari 4 laki-laki dan 28 perempuan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner terbuka. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan tiga langkah, yaitu membiasakan dan mengorganisasikan, mengkodekan dan mereduksi, serta menafsirkan dan merepresentasikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memiliki persepsi positif tentang penggunaan YouTube untuk berbicara; karena YouTube adalah platform yang membantu, terjangkau, dan menarik untuk membantu mereka dalam beberapa aspek berbicara. Beberapa kesulitan yang dihadapi siswa saat menggunakan YouTube adalah kesulitan internal dan eksternal. Untuk mengatasi masalah tersebut mereka menggunakan internet untuk browsing, menggunakan fitur YouTube, dan berdiskusi dengan teman dan dosen.
Kata kunci: percepsi, YouTube, kemampuan berbicara, kesulitan
This study aims to investigate student’s perception toward the use of YouTube in EFL speaking skill during online learning and to know student’s difficulties and how they solve them. This study involved 32 participants from non-English department students consisting 4 males and 28 females. To collect the data, the researcher uses open-ended questionnaire. To analyze the data, researcher used three steps, there are familiarizing and organizing, coding and reducing, and interpreting and representing the data. The result of the study shows that most of the participants have positive perception about the use of YouTube for speaking; as YouTube is helpful, affordable, and interesting platform to help them in some aspects of speaking. Some difficulties that students face while using YouTube are that they have internal and external difficulties. To solve the problem they use internet to browse, use YouTube features, and have discussion with friends and lecturer.
Keywords: perception, YouTube, speaking skill, difficulties