Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD) Berorientasi Chemo-Entrepreneurship
pada Materi Koloid Kelas XI SMA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif
yang layak untuk digunakan. Kelayakan ditinjau dari aspek validitas,
kepraktisan, dan keefektifan LKPD yang dikembangkan.. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian Research and
Development (R&D) dengan metode one
group pretest and posttest design yang di uji cobakan terbatas pada 12
peserta didik kelas XII di SMAN 1 Driyorejo Gresik. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu lembar telaah, validasi, respon peserta didik, observasi
aktivitas peserta didik, dan tes keterampilan berpikir kreatif. Hasil validitas
diperoleh hasil pada validitas isi memperoleh persentase validitas 86,67% pada
kategori sangat valid dan validitas konstruk ditinjau dari kriteria kebahasaan,
kriteria penyajian dan kriteria kesesuaian tampilan masing-masing memperoleh
persentase validitas 86,67%, 85,92% dan 86,67% pada kategori sangat valid.
Kepraktisan LKPD berada pada kategori sangat praktis dengan respon positif
peserta didik pada kriteria isi 100%, kriteria kebahasaan 91,67%, kriteria
penyajian 94,44%, kriteria kegrafisan 94,44% dan didukung juga oleh hasil
observasi aktivitas peserta didik yang menyatakan masing-masing aktivitas pada
LKPD 100% terlaksana dengan baik selama proses uji coba terbatas. Keefektifan
LKPD menunjukkan hasil masing-masing komponen berpikir kreatif yaitu kemampuan
berpikir lancar (fluency) , berpikir
luwes (flexibility) , berpikir
elaborasi (elaboration) dan berpikir
orisinil (originality) memperoleh
presentase 91,67%, 85,97%, 77,8%, 81,25% dan N-gain score masing-masing peserta didik memperoleh nilai ≥ 0,7
dengan 83,33% peserta didik pada kategori tinggi dan 16,67% peserta didik pada
kategori sedang.
Kata kunci:
Kelayakan LKPD, Chemo-Entrepreneurship ,
Keterampilan Berpikir Kreatif, Koloid.