PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI
BERBASIS MOTION GRAPHIC
DEVELOPMENT OF ILLUSTRATION DRAWING MEDIA BASED ON MOTION GRAPHIC
Berbicara tentang pendidikan tidak dapat terlepas dari istilah proses pembelajaran. Salah satu faktorkeberhasilan kependidikan tergantung pada proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Kegiatanpembelajaran yang berkualitas akan sangat memengaruhi kualitas pendidikan di tingkat satuanpendidikan. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitaspembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual yang berbasis motion graphic untuk menunjang guru dalam menyampaikan materi di dalamkelas. Adapun materi yang diusung adalah menggambar ilustrasi. Subjek dalam penelitian ini adalah30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitianresearch and development dengan model ADDIE dengan 5 tahapan. Tahap pertama merupakananalisis permasalahan pembelajaran di kelas, tahap kedua yaitu pembuatan desain mediapembelajaran, tahap ketiga merupakan pengembangan media, tahap keempat yaitu validasi dan ujicoba, dan tahapan terakhir adalah evaluasi media. Hasil dari pengujian validitas media menunjukanbahwa media ini sangat layak digunakan dengan skor validitas sebesar 82,95%. Sedangkan hasil dariuji respon siswa mendapatkan skor sebesar 80,2%. Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkanbahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan. Media pembelajaran berbasismotion graphic ini juga dapat menjadi referensi media alternatif untuk pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran, motion graphic