Pengembangan Alat Permainan Apel Keberuntungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun di TK ISLAM AL-FATAH NGINDEN, SURABAYA
Development of the Lucky Apple Game Tool to Enhance Logical Thinking Skills in 5-6 Year-Old Children at TK ISLAM AL-FATAH NGINDEN, SURABAYA
Pendidikan PAUD merupakan salah satu poin penting dalam kehidupan anak, pada usia 0-5 tahun anak memasuki masa emas, di masa seperti ini merupakan waktu yang penting untuk memberikan stimulasi kepada anak. Pendidikan PAUD akan membantu anak dalam stimulasi aspek perkembangan (nilai agama moral, kognitif, bahasa, sosial emosional, seni dan fisik motorik) anak, sehingga akan memudahkan anak memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Demi mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan, pendidik membutuhkan peran dari sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran akan menciptakan pembelajaran efektif sehingga dapat memudahkan anak memahami materi pembelajaran dan menstimulasi perkembangan anak secara signifikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan APE apel keberuntungan dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Validator pada penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan pendekatan pra-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest, menggunakan sampling jenuh subjek uji coba 26 anak kelompok B di TK Islam Al-Fatah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrumen penilaian. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Paired Sample T-test. Hasil penilaian para ahli memperoleh skor 89% dari ahli materi, dari ahli media memperoleh skor 91% sedangkan dari uji pengguna yang dilakukan orang Guru mendapatkan skor 87%, 92% dan 95%. Berdasarkan hasil efektivitas didapatkan nilai Signifikasi (2-tiled) adalah sebesar 0,000 sehingga sehingga p < 0,05 atau 0,000 < 0,05, karena hasil dari nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan rata-rata antara pretest dengan posttest yang mengalami kenaikan nilai skornya pada hasil posttest , dapat disimpulkan bahwa penggunaan APE Apel Keberuntungan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : Pendidikan, Kemampuan kognitif, APE Apel Keberuntungan
Early Childhood Education (PAUD) is a critical aspect of a child’s development. At the age of 0-5 years, children experience their golden period. This period is crucial for providing stimulation to the child. PAUD education aids in stimulating various aspects of a child's development, including moral and religious values, cognitive abilities, language, social-emotional skills, arts, and physical-motor skills. Such stimulation eases the transition for children to the next level of education. To ensure high-quality and enjoyable learning, educators need the support of instructional media. Learning media will create an effective learning environment, facilitating the child's understanding of learning material and significantly stimulating their development. The purpose of this study is to determine the feasibility and effectiveness of the educational play tool “Lucky Apple” in enhancing the logical thinking skills of children aged 5-6 years. The research method used is R&D with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validators in this research include material experts and media experts. The study employed a pre-experimental approach with a one-group pretest-posttest design, using saturated sampling with 26 children from Group B at Al-Fatah Islamic Kindergarten in Nginden, Surabaya, as test subjects. Data collection techniques involved using assessment instrument sheets. The data analysis technique used in this study applied the Paired Sample T-test.The expert evaluation results obtained a score of 89% from the subject matter experts, and 91% from the media experts, while the user testing conducted by teachers received scores of 87%, 92%, and 95%. Based on the effectiveness results, the significance value (2-tailed) was 0.000, indicating that p < 0.05 or 0.000 < 0.05. Since the significance value is smaller than 0.05, the null hypothesis (Ho) is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This means there is a difference in the average scores between the pretest and posttest, with the posttest scores showing an increase. Therefore, it can be concluded that the use of the "APE Apel Keberuntungan" is effective in improving the logical thinking abilities of children aged 5-6 years
Keywords: Education, cognitive ability, APE Lucky Apple