The Correlation Between EFL Students’ Self-Efficacy In Speaking and Their Speaking Performance
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang level tingkat efikasi diri dalam berbicara bahasa Inggris dan menyelidiki korelasi iantara iefikasi diri isiswa dalami berbicarai bahasa Inggris dan kemampuan berbahasa Inggris imereka. iPeneliti menerapkan metode kuantitatif dalam penelitian ini. Ada 60 peserta didik kelas tujuh yang berpartisipasi dalam penelitian ini, mereka berasal dari salah satu MTSN di Magetan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan Speaking Skills Self-Efficacy Beliefs (SSSEB) sebagai kuesioner dan tes berbicara bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Hasil penelitian melaporkan bahwa isebagian ibesar siswa memilikii tingkat iefikasi diri yang sedang dalam berbicara bahasa Inggris, dengan rincian 10 siswa (16,67%) dikategorikan memiliki efikasi diri rendah dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris dan 50 siswa (83,3%) dikategorikan memiliki efikasi diri sedang. sementara tidak ada satu siswa yang dikategorikan memiliki efikasi diri tinggi dalam penampilan berbicara bahasa inggris mereka. Penelitian ini juga melaporkan bahwa, ada ikorelasi ipositif iantara iefikasi diri idalam berbicarai bahasa inggris siswa dan kemampuan iberbicara bahasa Inggris imereka (p-value= 0,000, r= 0,450), di mana ditemukan koefisien korelasi nya dikategorikan sedang.
This research aims to explore further about the students’ level of self-efficacy in speaking and investigates the correlation between EFL students’ self-efficacy in speaking and their speaking performance. The researcher applied quantitative method. There were 60 seventh grade students who participated in this study, they came from one of the MTSN in Magetan, East Java. This research used Speaking Skills Self-Efficacy Beliefs (SSSEB) as the questionnaire and speaking test to measure students’ speaking performance. The result reported that most of students have moderate level of self-efficacy in speaking, with details 10 students (16.67%) are categorized as low self-efficacy in speaking performance and 50 students (83.3%) are categorized as medium self-efficacy, while there was no one students categorized as high self-efficacy in their speaking performance. This study also reports that EFL students speaking self-efficacy has positive correlation with their speaking performance, (p-value= 0.000, r= .450), in which the correlation coefficient was categorized as moderate.