Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains setelah diterapkan media scrapbook materi fluida statis. Metode penelitian ini berupa Pre Eksperimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Mojosari tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa soal uraian, observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji t-berpasangan untuk mengetahui kemampuan literasi peserta didik dan analisis n-gain untuk mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik dan analisis angket respons. Nilai rata-rata pre-test sebesar 69 dan rata-rata post-test sebesar 80. Hasil uji t-berpasangan diperoleh dan sehingga H1 diterima, n-gain diperoleh sebesar 0,55 dan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan literasi sains peserta didik. Penerapan media scrapbook mendapatkan respons dengan kriteria baik dari peserta didik.
Kata kunci: Scrapbook, Literasi sains, Fluida statis
The research aims to describe science literacy after the implementation of the scrapbook as a media in static fluid. This research was Pre Experimental Design with Pre-test and Post-test One-Group design. The sample in this research were students of class XI IPA 6 SMA Negeri 1 Mojosari. Essay, observation sheet, questionnaire, and documentation were used to collect data. Pre-test and post-test scores were analyzed with paired t-test describe science literacy improvement, n-gain analyze to describe science literacy improvement category and questionnaire response. The averaged pre-test score is 35 and the post-test score is 71. T-test result is t=34,63 with ttable=2,03 so H1 accepted. The result of n-gains is 0,55. Based on that result, it showed that the implementation of the scrapbook as a media could improve students' science literacy. Students' response to the implementation of the scrapbook as a media had good criteria.
Keywords: Scrapbook, science literacy, static fluid.