Efektivitas Program Latihan Bolabasket Untuk Peserta Didik Ekstrakurikuler Melalui Daring
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program latihan bolabasket untuk peserta didik ekstrakurikuler melalui daring SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan peneliti sebagai instrumen dalam penelitian. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 pelatih dan 3 anggota tim basket putri SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, keempat informan tersebut adalah siswa dan pelatih yang benar-benar mengikuti program latihan bolabasket melalui daring. Dari keempat informan tersebut telah memberikan informasi keadaan yang akurat mengenai program latihan bolabasket untuk peserta didik ekstrakurikuler melalui daring. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Berdasarkan data wawancara yang diperoleh ada beberapa faktor yang memengaruhi efektivitas program latihan bolabasket yaitu jumlah peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler bolabasket mengalami penurunan, program latihan bolabasket melalui daring cenderung membosankan, jaringan internet yang kurang mendukung, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, program latihan bolabasket melalui daring yang dijalankan kurang bervariasi, peserta didik mengalami kesulitan untuk mencari hubungan kerja sama antar peserta didik lain. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa efektivitas program latihan bolabasket untuk peserta didik ekstrakurikuler melalui daring adalah kurang.
Kata Kunci: efektivitas; bolabasket; ekstrakurikuler; daring
This research aims to determine the effectiveness of basketball training extracurricular program through daring during the Covid-19 pandemic. The type of study is a descriptive qualitative research using the interview method. Data collection techniques used the author as an instrument in the study. The respondents used in this study were 4 people consisting of 1 coach and 3 members of the women's basketball team at SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, four informants were students and trainer who actually followed the basketball training program online. From the four respondents, they have provided accurate information regarding the basketball training extracurricular program for students online. Data analysis technique used is the data analysis technique of Miles and Huberman’s model, which is an interactive analysis model that includes: data reduction, data presentation, and drawing conclusions and verification. Based on the interview data obtained, there are several influencing factors there are the number of students joining the basketball extracurricular experience decreased, the atmosphere tends to be boring during training program online, the internet network is less supportive, lack of adequate facilities and infrastructure, basketball training programs online that run are less varied, and the students have difficulty to finding teamwork bonds between other students. In conclusion, the effectiveness of the basketball training extracurricular program for students online was not effective.
Keywords: effectiveness; basketball; extracurricular; online