Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbantuan komik sains pada sub materi pemanasan global yang memenuhi tiga kriteria kelayakan yaitu validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Research and Development (R&D), akan tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap ke enam, yaitu uji coba produk terbatas. Bahan ajar yang dikembangkan dilengkapi dengan komik sains sebagai penunjang bacaan siswa. Bahan ajar berbantuan komik sains dapat diakses secara online melalui barcode yang ada dibuku saku. Hasil validasi oleh 3 validator kecenderungan dari keseluruhan aspek adalah ≥4, sehingga bahan ajar masuk dalam kriteria layak digunakan. Analisis data kepraktisan dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran dengan perolehan kategori sangat baik persentase sebesar 100%, serta angket respon siswa mendapatkan hasil rata-rata yakni sebesar 94,5% yang masuk kedalam kategori sangat praktis. Adapun data hasil keefektifan bahan ajar berbantuan komik sains dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh sebelum dan sesudah pembelajaran berdasarkan hasil n-gain. Rata-rata n-gain yang diperoleh yaitu sebesar 0,60 yang termasuk kedalam kategori sedang. Selain itu, keefektifan bahan ajar juga dilihat dari peningkatan motivasi siswa yang hasilnya menujukan bahwa siswa mengalami peningkatan, dengan perolehan rata-rata angket motivasi sebelum pembelajaran sebesar 72,7% dengan kategori kuat dan rata-rata angket motivasi sesudah pembelajaran sebesar 77,4% dengan kategori kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbantuan komik sains layak digunakan karena telah memenuhi kriteria kelayakan (valid, praktis dan efektif).
Kata Kunci : Bahan ajar, komik, motivasi, dan hasil belajar.
This study aims to develop teaching materials aided by science comic on the sub topic of global warming that meets three eligibility criteria, namely validity, practicality and effectiveness. This development research refers to the Research and Development (R&D) model, but this research is only limited to the sixth stage, which is limited product trials. Teaching material developed is equipped with science comics to support student reading. Teaching materials aided by science comics can be accessed online through barcodes in the pocket book. The results of validation by 3 validator tendencies from all aspects are ≥4, so the teaching material is included in the criteria is proper to use. Practically data analysis can be seen from the implementation of learning with the acquisition of the category very good percentage of 100%, and student questionnaire responses get an average result of 94.5% which falls into the category of very practical. The results of the effectiveness data of teaching materials aided by science comics seen from student learning outcomes obtained before and after learning based on n-gain results. The average n-gain obtained is 0.60 which belongs to the medium category. In addition, the effectiveness of teaching materials is also seen from an increase in student motivation which results show that student have increased, with the acquisition of an average motivation questionnaire before learning by 72.7% with a strong category and the average motivation questionnaire after learning by 77.4% with a strong category. The conclusion of this study is that science comics aided teaching materials are appropriate to use because they meet the eligibility criteria (valid, practical, and effective).
Keywords: Teaching materials, comics, motivation and learning outcomes