PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA ADAPTIF YANG DIMODERASI DUKUNGAN SOSIAL: Studi Pada Bank Jatim Cabang Kediri
THE IMPACT OF JOB STRESS ON JOB SATISFACTION AND ADAPTIVE PERFORMANCE MODERATED BY SOCIAL SUPPORT: Study Case at Bank Jatim Kediri Branch Regional Office
Pasca Pandemi, masa peralihan dari sistem Work From Home (WFH) menjadi Work From Office (WFO) menyebabkan para pekerja harus beradaptasi lagi dengan lingkungan pekerjaan yang berbeda. Selain hal tersebut, digitalisasi layanan perbankan juga menambah tingkat stres kerja pegawai karena perlunya pengetahuan tentang teknologi yang semakin canggih dan masalah yang lebih kompleks yang bisa ditimbulkan dari adanya perubahan konvensional ke digital. Dari tahun 2018 hingga 2021 terdapat selalu penambahan produk dan layanan serta digitalisasi layanan. Hal tersebut berarti, adanya tanggungjawab tambahan setiap tahunnya yang berarti pula penambahan beban kerja yang dapat menciptakan stress kerja yang kemudian berdampak terhadap kepuasan dan kinerja. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja adaptif yang dimoderasi dukungan sosial pada Bank Jatim Cabang Kediri.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan dengan sumber data yang berasal dari angket atau kuesioner yang didapatkan secara hybrid yaitu offline dengan menyebarkan angket langsung dan online melalui gform. Objek dalam penelitian ini adalah pegawai Bank Jatim Cabang Kediri dengan jumlah total sebanyak 106 pegawai, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 86 pegawai dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), dengan menggunakan WarpPLS versi 8.0.
Hasil dari penelitian yaitu variabel stres kerja memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel stres kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja adaptif, dan variabel dukungan sosial moderasi pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja adaptif. Implikasi dari penelitian ini ialah stres kerja memiliki pengaruh buruk terhadap hasil dari kepuasan kerja dan kinerja adaptif pegawai yang diharapkan nantinya dapat diminimalisir salah satunya dengan saling memberikan dukungan sosial demi kebaikan individu dan perusahaan di masa depan.
Kata Kunci: Stres Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Adaptif, Dukungan Sosial
After the pandemic, the transition period from the Work From Home (WFH) system to Work From Office (WFO) caused workers to have to adapt again to a different work environment. Apart from this, the digitalization of banking services also increases the level of employee work stress because of the need for knowledge about increasingly sophisticated technology and the more complex problems that can arise from changing conventional to digital. From 2018 to 2021, there will always be additional products and services, as well as the digitalization of services. This means that there are additional responsibilities every year, which also means additional workload, which can create work stress, which then has an impact on satisfaction and performance. This research aims to analyze the effect of work stress on job satisfaction and adaptive performance which is moderated by social support at Bank Jatim Kediri branch regional office.
This type of research is quantitative with data sources originating from questionnaires and questionnaires obtained in a hybrid manner, namely offline by distributing questionnaires directly and online via gform. The objects in this research were employees of Bank Jatim Kediri branch regional office with a total of 106 employees, while the sample taken was 86 employees using proportionate stratified random sampling technique. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM), using WarpPLS version 8.0.
The results of the research are that the work stress variable has a significant negative influence on job satisfaction, the work stress variable has a negative and significant influence on adaptive performance, and the social support variable moderates the influence of job stress on job satisfaction and adaptive performance. The implication of this research is that work stress has a negative influence on the results of job satisfaction and employee adaptive performance, which it is hoped can be minimized by providing mutual social support for the good of the individual and the company in the future.
Keyword: Job Stress, Job Satisfaction, Adaptive Performance, Social Support