Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran evaluasi kinerja guru SMP Labschool Unesa Kawung ditinjau dari kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, karena bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang mendalam sehingga tujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi kinerja guru dapat tercapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif yaitu penelitian untuk mencari kesenjangan antara kondisi nyata dengan kondisi harapan sebagaimana ditentukan oleh standar yang telah ada.
Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMP Labschool Unesa Kawung. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, tringulasi, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kinerja guru yang ditinjau dari kompetensi pedagogik, secara umum sudah berjalan dengan baik dan sesuai standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun kelemahan guru yang masih sangat terlihat yaitu pada kreatifitas baik dalam penerapan metode dan strategi pembelajaran, ataupun pembuatan media pembelajaran untuk penunjang kegiatan belajar mengajar. Serta pemanfaatan teknologi yang masih rendah dan kebanyakan guru masih menggunakan metode konvensional dalam mengajar. Sedangkan kinerja guru yang ditinjau dari kompetensi profesional, masih kurang sesuai dengan standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Masih terdapat kelemahan pada pengembangan kreatifitas terkait media atau alat peraga yang mendukung pembelajaran. Selain itu, masih rendahnya pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berfungsi untuk peningkatan keprofesionalan guru itu sendiri. Dan yang terakhir merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri yang belum maksimal
This research was conducted to find out the description of the evaluation of the performance of Unesa Labschool Junior High School Kawung teachers in terms of pedagogical and professional competencies. The method used is qualitative research because it aims to obtain in-depth data and information, so that the goal of knowing and evaluating teacher performance can be achieved. This type of research is an evaluative research, that is, research to look for gaps between real conditions and expectations as determined by existing standards.
Subjects in this study were the principal, teachers and students of Unesa Labschool Junior High School Kawung. This research was conducted in the odd semester of the 2019-2020 school year. Data collection techniques used observation, interviews, and documents. The data analysis technique used in this study was an interactive analysis model consisting of three components, namely data reduction, triangulation, data presentation and conclusion making.
The results of this study indicate that teacher performance viewed from pedagogical competencies has generally run well and accorded to the academic qualifications and teacher’s competency standards set by the government. However, the weaknesses of teachers that are still very visible are in creativity in the application of learning both methods and strategies, or in making learning media to support teaching and learning activities. Furthermore, the use of technology is still low and most teachers still use conventional methods in teaching. Whereas teacher performance in terms of professional competence is still not in accordance with academic qualification standards and teacher competencies set by the government. There are still weaknesses in the development of creativity related to media or teaching aids that support learning. In addition, the low implementation of Classroom Action Research (CAR) serves to improve the professionalism of teachers themselves. And the last is the utilization of information and communication technology for personal development that has not been maximized.
Key words : Evaluation, Teachers’ Performance, Pedagogical Competence, Professional Competence