Measuring User Satisfaction with Stechoq Academy Platform Using End User Computing Satisfaction (EUCS) Method and Webqual 4.0 (Case Study: PT. Stechoq Robotika Indonesia)
Stechoq Academy merupakan sebuah platform yang menyediakan fasilitas berupa e-learning untuk mahasiswa terkhususnya yang mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan pengukuran kepuasan pengguna platform Stechoq Academy dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Webqual 4.0 serta aspek yang perlu dilakukan evaluasi. Variabel yang dianalisis yaitu variabel dependen berupa User Satisfaction dan variabel independen yaitu Content, Accuracy, Format, Timeliness, Ease of Use, Usability, Information Quality, dan Service Interaction. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pengukuran kepuasan pengguna terhadap platform Stechoq Academy mendapatkan nilai 3,14 dengan kategori Cukup Puas. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna dengan 8 hipotesis dan 1 hipotesis yang dapat diterima yaitu variabel Content dengan nilai t-test yaitu 2,275 diatas 1,96 dan nilai path coefficient yaitu 0,280 diatas 0,1 sehingga mempunyai hubungan serta pengaruh secara signifikan terhadap user satisfaction platform Stechoq Academy.
Stechoq Academy is a platform to provides e-learning facilities for students participating in the Certified Internship and Independent Study Program (MSIB). The aim of this research is to measure user satisfaction with the Stechoq Academy platform and to identify the factors influencing user satisfaction using the End User Computing Satisfaction (EUCS) and WebQual 4.0 methods, as well as aspects that require evaluation. The variables analyzed are the dependent variable is User Satisfaction, and the independent variables is Content, Accuracy, Format, Timeliness, Ease of Use, Usability, Information Quality, and Service Interaction. The data analysis method in this research uses the PLS-SEM approach with the SmartPLS application.
The results of this study indicate that the average user satisfaction measurement for the Stechoq Academy platform is 3.14, categorized as Satisfied. Factors influencing user satisfaction with 8 hypotheses and 1 accepted hypothesis are the Content variable with a t-test value of 2.275 above 1.96 and a path coefficient value of 0.280 above 0.1, indicating a significant relationship and influence on user satisfaction with the Stechoq Academy platform.