PROFIL HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MAPEL PPKN SETELAH DITERAPKAN SISTEM ZONASI DI SMPN 1 KRIAN
PROFILE OF LEARNING RESULTS OF STUDENTS ON PPKN SUBJECT AFTER THE APPLICATION OF ZONATION SYSTEMS AT SMPN KRIAN 1
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mapel PPKn setelah diterapkan sistem zonasi dalam domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan di SMPN 1 Krian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru yang mengajar mapel PPKn di kelas VII SMPN 1 krian. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Dokumentasi berupa nilai ulangan harian dan ulangan tengah semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil pnelitian menunjukkan bahwa profil hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn setelah diterapkan sistem zonasi di SMPN 1 Krian dalam domain pengetahuan yang dilihat dari nilai ulangan harian yaitu mendapatkan rata-rata 77,68. Sedangkan dari nilai ulangan tengah semester yaitu mendapatkan rata-rata 60,98. Itu artinya nilai ulangan harian lebih bagus dibandingkan nilai ulangan tengah semester, dikarenakan peserta didik mengerjakan ulangan harian hanya terdiri satu Kompetensi Dasar (KD), sedangkan ulangan tengah semester terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD). Domain sikap yang terdiri atas sikap spiritual dan sikap sosial dalam kategori BAIK. Kategori sikap sosial yang kategorinya cenderung rendahh adalah sikap jujur, hal ini dibuktikan dengan kejadian peserta didik pada saat melakukan ujian ada saja yang meyontek. Sedangkan sikap sosial yang cenderung tinggi yaitu sikap sopan santun, hal ini dibuktikan ketika peserta didik yang berpapasan dengan guru mereka senyum, sapa, salam, kemudian salim. Domain keterampilan yang dilihat dari membuat makalah dan membuat poster yaitu dalam kategori BAIK. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dalam domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan kelas yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu kelas VII-A. Hal ini dikarenakan kelas tersebut merupakan kelas khusus dengan program SPP-SKS. Peserta didik yang masuk di kelas VII-A harus melakukan tes terlebih dahulu, jika nilainya tertinggi (78) akan masuk di kelas tersebut. Untuk kelas VII-B sampai VII-J merupakan kelas campuran dari berbagai nilai tinggi hingga rendah kerena masuk ke kelas tersebut tidak menggunakan tes melainkan secara acak.
This study examines to describe the learning outcomes of students in the subject PPKn after zoning system is applied in the domains of knowledges, attitudes, and skills in SMPN 1 Krian.
Qualitative is adopted as the research approach in the form of case study. Data were collected by interviews and documentations. Documentations are taken by daily and midterm test scores in odd semester 2019/2020. The data was analysed by using data collection, data reduction, data analysis, and drawing conclusions. This study involved teachers who teach PPKn subjects in grade VII at SMPN 1 krian.
The results of the current study show that the profile of students' learning outcomes in PPKn subjects after the zoning system was applied at SMPN 1 Krian in the domain of knowledge can be seen from the daily test scores, which obtained an average of 77.68. While the mid-term tests score are getting an average of 60.98. In this case, the daily tests score are better than the mid-term score, since the students perform the daily tests which consists only one basic competency (KD). Meanwhile the mid-term tests consist of several basic competencies (KD). Domain is an attitude which consists of spiritual attitude and social attitude in the GOOD category. The category of social attitudes that tends to be low categories is honest attitude and it can be proved by the students who keep on cheating during the test. While social attitudes that tend to be high are courtesy as we can see that students who meet their teachers will always bow, smile and sometimes greet them. The domains of skills are seen from making papers and making posters which in the GOOD category. Meanwhile the one who get the highest learning outcomes of students in PPKn subjects in the domain of knowledge, attitudes, and class skills is VII-A. The reason is because VII-A included in special class with SPP-SKS program. Students who want to included in VII-A must take the test first, if they get the highest score (78) then they will allow being included in the class. In addition, VII-B to VII-J are mixed classes of various high grades to less because it does not use the test to set the class.