The Influence of Parents' Economic Status, Self-Efficacy, and Learning Motivation on Interest in Continuing Education in Higher Education in OTKP Students at SMKN 10 Surabaya
Penelitian yang dilakukan ditujukan mengetahui pengaruh antara variabel status perekonomian orang tua, efikasi diri, dan motivasi belajar untuk mengetahui sejauh mana keinginan studi lanjut pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi siswa OTKP di SMKN 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi berganda menggunakan SPSS. Dengan pengambilan sampel memakai metode Simple Random Sampling. Dalam penelitian yang sudah dilakukan ini mengemukakan hasil, yaitu: Tidak adanya akibat secara parsial pada variabel status perekonomian orang tua pada ketertarikan siswa dalam lanjut pendidikan pada jenjang universitas, kemudian Adanya pengaruh secara parsial pada variabel efikasi diri pada keinginan lanjut pendidikan pada perguruan tinggi atau universitas pada siswa, lalu Pengaruh parsial yang ada di variabel motivasi belajar memiliki ketertarikan dalam kelanjutan pendidikan di siswa, dan yang terakhir Adanya pengaruh secara keseluruhan/simultan variabel antara status perekonomian orang tua, efikasi diri dan motivasi belajar pada ketertarikan dalam lanjutnya jenjang pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa. Saran dalam penelitian ini adalah, mungkin untuk para orang tua siswa lebih memperhatikan potensi anaknya di dunia Pendidikan yang lebih tinggi dan Untuk Guru OTKP di SMKN 10 Surabaya diharapkan bisa memberikan didikan pembelajaran yang aktraktif serta inovatif saat melakukan pembelajaran. Selanjutnya peneliti mengharapkan untuk penelitian selanjutnya mencoba mencari variabel di luar penelitian ini agar mengetahui perkembangan yang terjadi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi