EFEKIVITAS PEMBELAJARAN HYBRID GOOGLE
CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN
KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA
PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X
TKRO 1 SMK KOSGORO 1 BALONGBENDO
ABSTRAK
Nama: Fahmi Syarifudin Rohmatulloh
NIM: 16050524043
Program Studi: S1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi
Jurusan: Teknik Mesin
Fakultas: Teknik
Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing: Dr. Soeryanto, M.Pd.
Salah satu cara dalam meningkatkan kualitas Sumber
Daya Manusia ialah melalui Pendidikan. Pendidikan
memiliki peranan yang sangat penting utamanya dalam
menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan
berkompeten dalam menghadapi perkembangan zaman
yang kian maju. Salah satu indikator dalam menghasilkan
generasi peenrus bangsa yang berkualitas di dunia
Pendidikan ialah dengan meningkatkan hasil belajar peserta
didik agar mampu mencapai batas minimum KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa kajian
yakni: 1) mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran hybrid
pada aplikasi google classroom, 2) mengetahui bagaimana
penerapan pembelajaran hybrid google classroom dapat
meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, dan 3)
mengetahui penerapan pembelajaran hybrid google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
dilakukan di SMK Kosgoro 1 Balengbendo pada peserta didik
kelas X TKRO 1 pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif
utamanya pada materi baterai. Jenis penelitian yang digunakan
yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan cara melihat hasil
belajar peserta didik pada materi yang disediakan dengan
mengkorelasi pada rancangan pembelajaran yang telah dibuat
oleh guru apakah sudah sesuai atau belum antara rancangan
yang dibuat dengan media pembelajaran yang digunakan. Hasil
tersebut kemudian dianalisis agar mendapatkan hasil efektivitas
pada penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi google
classroom pada hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian
adalah seluruh peserta didik kelas X TKRO sebanyak 20 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan hasil belajar
peserta didik dan juga angket, sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk
melihat gambaran secara umum kemudian diolah dan dianalisis
dengan cara melihat perangkat pembelajaran yang sudah dibuat
oleh guru, sumber belajar dan media yang digunakan.
Kata kunci: efektivitas google classroom, keterampilan,
kolaborasi, hasil belajar
ABSTRACT
EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM HYBRID
LEARNING TO IMPROVE COLLABORATION SKILLS AND
OUTCOMES OF STUDENTS IN AUTOMOTIVE BASIC
TECHNOLOGY CLASS X TKRO 1 SMK KOSGORO 1
BALONGBENDO
Name: Fahmi Syarifudin Rohmatulloh
Study Program: S1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi
Department: Teknik Mesin
Faculty: Teknik
Institution Name: Universitas Negeri Surabaya
Advisor: Dr. Soeryanto, M.Pd.
One way to improve the quality of Human Resources is
through Education. Education has a very important role,
especially in producing the next generation who are qualified and
competent in facing the development of an increasingly advanced
era. One of the indicators in producing quality future generations
in the world of education is to improve student learning
outcomes so that they are able to achieve the minimum KKM
threshold.This study aims to describe several studies, namely: 1)
to find out the effectiveness of implementing hybrid learning in
the Google classroom application, 2) to find out how the
application of Google Classroom hybrid learning can improve
student collaboration skills, and 3) to find out the application of
Google Classroom hybrid learning can improve participant
learning outcomes educate. This research was conducted at SMK
Kosgoro 1 Balengbendo in class X TKRO 1 students in the Basic
Automotive Technology subject, especially in battery material. The type of research used is descriptive research using a
combination of quantitative and qualitative approaches by
looking at student learning outcomes in the material provided by
correlating the learning design that has been made by the teacher
whether it is appropriate or not between the design made and the
learning media used. These results were then analyzed in order to
obtain effectiveness results on the use of learning media with the
Google Classroom application on student learning outcomes. The
research subjects were all 20 students of class X TKRO. The data
collection technique uses student learning outcomes and also
questionnaires, while the data analysis technique used is
descriptive statistical analysis to see a general picture and then
processed and analyzed by looking at the learning tools that have
been made by the teacher, learning resources and media used.
Keywords: effectiveness of google classroom, collaboration skills,
learning outcomes.