PEMBELAJARAN GAMELAN JAWA MENGGUNAKAN APLIKASI SMARTPHONE "GATOEL" di SMAN 1 KAWEDANAN MAGETAN
LEARNING JAVANESE GAMELAN USING SMARTPHONE APPLICATION "GATOEL" AT SHS 1 KAWEDANAN MAGETAN
Artikel ini merupakan hasil penelitian tentang Pembelajaran Gamelan Jawa Menggunakan Aplikasi Smartphone “Gatoel” di SMAN 1 Kawedanan Magetan.Dalam proses pembelajaran, pendidik menerapkan pembelajaran gamelan Jawa menggunakan aplikasi smartphone Android. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sarana prasarana sekolah yaitu gamelan jawa, sehingga pendidik memunculkan ide kreatifinya untuk mengajarkan kepada peserta didik. Tujuan penulisan untuk mengetahui strategi dan hasil pembelajaran gamelan jawa menggunakan aplikasi smartphone “gatoel “ di SMA N 1 Kawedanan Magetan. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data & penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dalam KD 3.1 Memahami jenis dan fungsi alat musik tradisional. dan 4.1 Memainkan alat musik tradisional dengan tujuan dapat mengenal dan bermain gamelan jawa menggunakan aplikasi smartphone. Materi musik tradisional menerapkan tahap-tahap pembelajaran seperti pengenalan, penyampaian materi, pelatihan serta praktik.Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, serta metode praktik. Model dalam pembelajaran ini discovery learning, dengan pendekatan scientific learning.Media yang digunakan adalah aplikasi smartphone “Gatoel. Hasil pembelajaran gamelan Jawa menggunakan aplikasi Smartphone “Gatoel” di SMAN 1 Kawedananmenunjukkan respon56% sangat baik dan tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata > 80 peserta didik adalah 83%.
Kata Kunci : Pembelajaran, Gamelan Jawa, Aplikasi Smartphone “Gatoel
Abstract
This article is the result of Learning Javanese Gamelan Using Smartphone Application “ Gatoel “ at SHS 1 Kawedanan Magetan. In the learning process, teacher applies Javanese gamelan using Android smartphone application. Due to the lack of school infrastructure such as Javanese gamelan, so teachers bring up their creative idea to teach the students.The purpose of writing to find out the strategies and learning outcomes of Javanese Gamelan Learning Using Smartphone Application “Gatoel” at SHS 1 Kawedanan Magetan. The research method uses descriptive qualitative research with data collection techniques of observation, interviews and documentation. Data analysis technique using stages Data Collection, Data Reduction, Display Data and Conclusion drawing. Research and Discution Results show that learning strategies in KD 3.1 understand the types functions of tradisional musical instruments dan 4.1 play tradisional musical istruments with the purpose can knows and play javanese gamelan using smartphone application. Tradisional music materil implements stages of learning such as introduction to the delivery of training material and practice. The method used in this study is the lecture method, questions and answers, assignments, and practical methods. The model in this learning is discovery learning, with a scientific learning approach. The media using smartphone application “Gatoel”. Result of Learning Javanese Gamelan Using Smartphone Appplication “Gatoel” at SHS 1 Kawedanan show that 56% response very well and the final test show that average value > 80 students is 83%.
Key Word : Learning, Javanese Gamelan, Smartphone “Gatoel” Aplication.