KEMISKINAN DALAM ANTOLOGI CERPEN REMBULANE WIS NDHADHARI KARANGAN SRI SETYA RAHAYU PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA
POVERTY IN THE FICTIONAL ANTHOLOGY REMBULANE WIS NDHADHARI BY SRI SETYA RAHAYU LITERATURE SOSIOLOGY THEORY
ABSTRAK
KEMISKINAN DALAM ANTOLOGI CERKAK
REMBULANE WIS NDHADHARI KARANGAN SRI SETYA RAHAYU
PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA
Nama : Rifqoh Zumrudah
NIM : 14020114128
Prodi/Jurusan : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Jawa)
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Darni, M.Hum.
Taun : 2020
Salah satu kesusastraan Jawa yang berkembang yaitu cerkak. Cerkak sebagai salah satu karya prosa yang mempunyai alur crita yang pendek dan hanya dibaca pada saat itu juga. Cerkak ini menceritakan mengenai kemiskina didalam Antologi Cerkak Rembulane Wis Ndhadhari yang dikarang oleh Sri Setya Rahayu. Bab yang akan dijelaskan di penelitian ini yaitu (1) bagaimana keadaan kemiskinan yang ada di ACRWN?, (2) bagaiman sebab kemiskinan yang ada di ACRWN?, (3) bagaimana akibat kemiskinan yang ada di ACRWN?, (4) bagaimana upaya untuk menyelesaikan kemiskinan ang ada di ACRWN?, (5) bagaimana hubungannya kemiskinan yanag ada di ACRWN?. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan kemiskinan yang ada di Antologi Cerkak Rembulane Wis Ndhadhari. Selain itu untuk menjabarkan pengetahuan sastra didalam pembelajaran di dunia pendidikan.
Penelitian ini menggunakan kajian sosiologi sastra. Untuk memahami isi yang dijelaskan didalam cerkak, peneliti menggunakan metode dheskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan keadaan kemiskinan yang ada di ACRWN dibagi menjadi dua yaitu tidak bisa mencukupi kebutuhan makan dan kebutuhan pendidikan. Penyebab kemiskinan yang ditemukan didalam antologi yaitu karena kecilnya pendapatan, rusaknya tatanan masyarakat akibat politik dan musim paceklik. Kemiskinan tersebut menimbulkan akibat, diantaranya adanya rasa kurang percaya dhiri, sedih dan tidak bisa bayar sekolah. Upaya untuk menyelesaikan kemiskinan tersebut yaitu dengan pendidikan dan tolong-menolong terhadap sesama. Penulis menghubungkan keadaan kemiskinan yang ada di ACRWN dengan realitas sosial, kemudian hasilnya dibagi menjadi tiga yaitu tidak bisa mencukupi kebutuhan pangan, tidak bisa mencukupi kebutuhan pendidikan dan adanya upaya tolong-menolong.
ABSTRACT
POVERTY IN THE FICTIONAL ANTHOLOGY REMBULANE WIS NDHADHARI
BY SRI SETYA RAHAYU
LITERATURE SOSIOLOGY THEORY
Name : Rifqoh ZumrudahNIM : 14020114128Prodi/Majors : S-1 language education and regional literature (Java)Faculty : Language and ArtsInstitution : Surabaya State UniversityMentor : Prof. Dr. Darni, M. Hum.Year : 2020
One of Javanese literature that developed is Cerkak. Cerkak was one of the prose works that had a short crita plot and was only read at the time. This story tells about Poverty in the anthology Cerkak Rembulane Wis Ndhadhari written by Sri Setya Rahayu. The chapter that will be explained in this study is (1) How is the state of poverty in the ACRWN?, (2) How does poverty exist in the ACRWN?, (3) How is the consequences of poverty in the ACRWN?, (4) How is the effort to resolve poverty in the ACRWN?, (5) How is the relationship of poverty bowed in ACRWN?. The purpose of this research is to describe the poverty that is in the anthology Cerkak Rembulane Wis Ndhadhari. In addition, to describe the knowledge of literature in the educational world.This study used literary sociology studies. To understand the contents described in the Cerkak, researchers use qualitative method of dheskriptif. The result of this study shows that the state of poverty in the ACRWN is divided into two, which can not be adequate for food and education needs. The cause of poverty is found in anthologies because of the small income, the destruction of public order due to politics and the famine season. Poverty is caused by, among others, there is a sense of disbelief Dhiri, sad and can not pay the school. The effort to resolve the poverty is by education and each other to others. The authors connect the state of poverty in the ACRWN with social reality, then the result is divided into three that can not suffice food needs, can not be adequate education needs and the effort each other.