Husniah,
Luluk S. 2021. Pengaruh Strategi Metakognitif dan Disposisi Matematis Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran
Matematika Siswa MTsN di Jombang. Disertasi , Program Studi Teknologi
Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing:
(1) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., dan (II)
Dr. Fajar Arianto, M.Pd.
Kata-kata
Kunci: Strategi Metakognitif, Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis,
Kemampuan Pemecahan Masalah.
Penelitian
ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh strategi metakognitif terhadap
kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa MTsN di Jombang? (2) pengaruh strategi
metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran matematika
siswa MTsN di Jombang? (3) pengaruh disposisi
matematis terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika
siswa MTsN di Jombang? (4) pengaruh disposisi
matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran matematika
siswa MTsN di Jombang? (5) interaksi
antara strategi metakognitif dan disposisi matematis terhadap kemampuan
berpikir kritis mata pelajaran
matematika siswa MTsN di Jombang? (6) interaksi antara strategi metakognitif
dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran matematika siswa MTsN di
Jombang?
Jenis
penelitian ini merupakan penelitian quasi
experimental dengan desain eksperimen The Nonequivalent Pretest-Posttest Control
Group untuk mengetahui
kemampuan awal subjek penelitian sebelum dilakukan treatment dengan cara
pemberian pretest dan diuji dengan Uji-t.
Subjek penelitian akan dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan desain penelitiannya adalah faktorial 2x2.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN di Jombang sebanyak
17 madrasah negeri di Kabupaten Jombang. Sedangkan sampel penelitian ditentukan
dengan cluster random sampling
terdiri dari tiga madrasah yaitu MTsN 2 Jombang, MTsN 3 Jombang, dan MTsN 4
Jombang. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan pemberian angket, tes, dan observasi pelaksanaan, Teknik analisis data penelitian menggunakan multivariate analysis of variance
(Manova).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi
metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran
matematika siswa MTsN di Jombang, (2)
Strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah mata
pelajaran matematika siswa MTsN di
Jombang, (3) Disposisi
matematis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran
matematika siswa MTsN di Jombang, (4)
Disposisi matematis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah mata
pelajaran matematika siswa MTsN di
Jombang, (5) Tidak terdapat interaksi antara strategi metakognitif dan
disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa MTsN di Jombang, (6) Tidak terdapat
interaksi antara strategi metakognitif dan disposisi matematis terhadap
kemampuan pemecahan masalah mata
pelajaran matematika siswa MTsN di Jombang.