Perancangan Video Promosi Destinasi Wisata Outdoor di Kelurahan Balasklumprik
The Designing of Promotional Video about Outdoor Tourism Destinations in Subdistrict of Balasklumprik
Di Kelurahan Balasklumprik, ada lima destinasi wisata. Destinasi wisata yang dimaksud yaitu Wisata Batas Kampung, Taman Hutan Raya Balasklumprik, Taman Grand Harvest, Sentra Wisata Kuliner Balasklumprik, dan Sentra Wisata Kuliner Pondok Maritim. Permasalahan yang dimiliki destinasi wisata outdoor yang ada di Kelurahan Balasklumprik yaitu adanya tempat wisata yang masih kurang dikenal oleh masyarakat. Menurut hasil dari kuesioner, masih banyak dari para responden yang belum pernah mengunjungi tempat wisata di Kelurahan Balasklumprik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang karya video promosi yang diunggah ke media sosial YouTube, dan link-nya dibagikan ke media sosial Instagram dan Whatsapp dalam rangka mempopulerkan destinasi wisata yang dimaksud. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, lalu mengumpulkan data primer dengan cara membuat kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data sekunder dengan cara studi literatur, berupa mencari referensi di internet, buku, jurnal, serta dengan aplikasi pencari referensi. Proses perancangan video promosi ini yaitu mulai dari pembuatan konsep, storyline dan storyboard, pengambilan video, pengeditan video, lalu render video. Hasil penelitian ini adalah karya video promosi destinasi wisata outdoor Balasklumprik yang diunggah ke channel YouTube, serta link video YouTube yang dibagikan ke media sosial Instagram dan Whatsapp.
In Subdistrict of Balasklumprik, there are five tourism locations. Those locations are Wisata Batas Kampung, Balasklumprik Botanical Forest Park, Grand Harvest Park, Balasklumprik Food Court, and Pondok Maritim Food Court. The problem of outdoor tourism destinations in Balasklumprik is some tourism destinations are still not well known by the public. According to the result of questionnaire, there are still many respondents who have never visited those tourism destinations. The purpose of this research is, to create a promotional video and then upload it to YouTube. And then, share YouTube video link to Instagram and Whatsapp in order to popularize those tourism destinations. Research method used on this research is qualitative, and gather primary data by making questionnaire, observation, interview and documentation, and secondary data by literature study, searching references on the internet, books, journals, and by reference search engine applications. The process of designing this promotional video starts from making video concept, storyline and storyboard, video recording, video editing, and then video rendering. The result of this research is a promotional video about outdoor tourism destinations in Balasklumprik which uploaded to YouTube channel, and its video link shared to Instagram and Whatsapp.