THE EFFECTIVENESS OF BEHAVIORAL GROUP COUNSELING SELF-MANAGEMENT TECHNIQUES TO IMPROVE TIME MANAGEMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Manajemen waktu penting dimiliki oleh peserta didik agar dapat menumbuhkan sikap yang positif baik di lingkungan rumah maupun sekolah sehingga dapat mencapai perkembangan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok menggunakan teknik self-management untuk meningkatkan manajemen waktu peserta didik kelas VII SMPN 17 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 17 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket manajemen waktu. Teknik pengambilan subjek adalah purposive sampling dimana peserta didik yang dipilih untuk melakukan konseling kelompok berjumlah 6 peserta didik yang memiliki skor rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan skala manajemen waktu. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah One Sample T-Test. Hasil dari penerapan konseling kelompok teknik self-management ini adalah terdapat perbedaan atau peningkatan perilaku manajemen waktu setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self-management pada peserta didik kelas VII SMPN 17 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,038 kurang dari 0,05. Sehingga didapatkan hasil Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik self-management efektif untuk meningkatkan manajemen waktu peserta didik.
Time management is important for students to have in order to foster a positive attitude both at home and at school so that they can achieve optimal development. This study aims to examine the effectiveness of group counseling using self-management techniques to improve the time management of class VII students junior high school 17 of Surabaya. The method used in this research is one group pre-test and post-test design. The subjects of this study were students of class VII junior high school 17 of Surabaya. The data collection technique carried out by the researcher used a time management questionnaire. The subject-taking technique is purposive sampling where the students who are selected to conduct group counseling are 6 students who have low scores. This research instrument uses a time management scale. The data analysis technique used in this research is One Sample T-Test. The result of the application of self-management technique group counseling is that there is a difference or improvement in time management behavior after being provided with self-management technique group counseling services to class VII students of SMPN 17 Surabaya. This is evidenced by a significance value (2-tailed) of 0.038 less than 0.05. So that the results obtained Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the results of this study, it can be concluded that group counseling services use effective self-management techniques to improve students' time management.