Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek dan pengalaman merek terhadap loyalitas merek pada pelanggan Wardah Kosmetik, yang dimediasi melalui keterikatan emosional pada merek. Semua perempuan konsumen Wardah Kosmetik merupakan populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan dipilih sebanyak 100 (seratus) responden. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah terdiri dari konsumen perempuan yang telah menggunakan Wardah Kosmetik dengan minimal usia 17 tahun dan melakukan pembelian produk wardah kosmetik minimal 2 (dua) kali. Teknik yang diterapkan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan kuesioner dengan Google form. Untuk mengevaluasi data, penelitian ini menerapkan teknik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varians khususnya Partial Least Square (PLS) yang dikalkulasi dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Model persamaan yang diuji meliputi outer model, inner model, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek, pengalaman merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek, keterikatan emosional pada merek berpengaruh terhadap loyalitas merek, kepercayaan merek tidak berpengaruh terhadap keterikatan emosional pada merek, pengalaman merek berpengaruh terhadap keterikatan emosional pada merek, kepercayaan merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek melalui keterikatan emosional pada merek, dan pengalaman merek berpengaruh terhadap loyalitas merek melalui keterikatan emosional pada merek.
Kata Kunci : Kepercayaan Merek; Pengalaman Merek; Keterikatan Emosional pada Merek; Loyalitas Merek.
This study aims to determine the effect of brand trust and brand experience on brand loyalty to Wardah Kosmetik customers, which is mediated through emotional attachment to the brand. All female consumers of Wardah Cosmetics are the population in this study. The sampling technique used was purposive sampling method with 100 (one hundred) respondents selected. The criteria for respondents in this study consisted of female consumers who had used Wardah Cosmetics with a minimum age of 17 years and purchased Wardah Cosmetics products at least 2 (two) times. The technique applied to collect data is using a questionnaire with a Google form. To evaluate the data, this study applies the Structural Equation Modeling (SEM) technique based on variance, especially Partial Least Square (PLS) which is calculated with the SmartPLS 3.0 application. The equation models tested include the outer model, inner model, and hypothesis testing. The results showed that brand trust affects brand loyalty, brand experience has not affected brand loyalty; emotional brand attachment affects brand loyalty, brand trust has not affected emotional brand attachment; brand experience affects emotional brand attachment; brand trust has not affected brand loyalty through emotional brand attachment; brand experience affects brand loyalty through emotional brand attachment.
Keywords : Brand Trust; Brand Experience; Emotional Brand Attachment; Brand Loyalty