Pengaruh E-WOM, Information Quality, Dan Brand Trust Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Calon Konsumen Mixue)
Perkembangan internet, berdampak pada pertumbuhan media sosial. Media sosial sebagai media komunikasi pemasaran dalam mempromosikan dan memberikan informasi produk. Perusahaan Mixue memberikan informasi mengenai sertifikat halal Mixue di akun media sosial Instagram Mixue dengan jelas, lengakap dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-WOM dan information quality terhadap purchase intention dengan brand trust sebagai variabel mediasi penelitian pada Mixue. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tenik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik judgemental sampling dengan jumlah responden 220. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online dengan menggunakan skala likert sebagai alat ukur jawaban. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analisis dengan software AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel E-WOM dan information quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel E-WOM dan information quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui brand trust sebagai variabel mediasi. Implikasi berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa Mixue diharapkan terus membangun dan menciptakan E-WOM yang baik serta positif, memberikan information quality terhadap calon konsumen agar dapat meningkatkan brand trust sehingga dapat mendorong purchase intention.
Kata Kunci : Brand Trust, E-WOM, Information Quality, Purchase Intention, judgemental sampling, Path Analysis, Mixue
The development of the internet, has an impact on the growth of social media. Social media as a marketing communication medium in promoting and providing product information. The Mixue company provides information about Mixue's halal certificate on Mixue's Instagram social media account in a clear, complete and relevant manner. This study aims to analyze the effect of E-WOM and information quality on purchase intention with brand trust as the mediating variable of research on Mixue. This research is quantitative research. The sampling technique used is judgmental sampling technique with 220 respondents. The questionnaire was distributed online using a Likert scale as an answer measurement tool. The statistical analysis used in this research is Path Analysis with AMOS software version 24. The results showed that the E-WOM and information quality variables had a positive and significant effect on purchase intention. The results of this study also show that E-WOM and information quality variables have a positive and significant effect on purchase intention through brand trust as a mediating variable. The implications based on this research indicate that Mixue is expected to continue to build and create good and positive E-WOM, provide information quality to potential customers in order to increase brand trust and encourage purchase intention.
Keywords: Brand Trust, E-WOM, Information Quality, Purchase Intention, judgemental sampling, Path Analysis, Mixue