ABSTRAK
Agus Syamsudin. 2024. Pengaruh Project Based Learning dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA NU 1 Gresik. Disertasi, Program Studi S3 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (II) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning, Self-Efficacy, Kemampuan Kolaborasi, Hasil Belajar
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh project-based learning terhadap keterampilan kolaborasi pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik, (2) mengetahui pengaruh project-based learning terhadap hasil belajar pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik, (3) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap keterampilan kolaborasi pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik, (4) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik, (5) mengetahui interaksi antara project-based learning dan self-efficacy terhadap keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik, (6) mengetahui interaksi antara project-based learning dan self-efficacy terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik.
Penelitian ini menggunakan rancangan two-group pre test-post test control group design. Jumlah subjek penelitian adalah 34 siswa pada kelas kontrol dan 34 siswa pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui hasil iself-efficacy siswa, observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan kolaborasi siswa, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar sisiwa. Teknik analisis data yaitu manova.
Hasil dan analisis data penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) hasil dari perhitungan dengan uji multivariate analysis of variance diperoleh nilai signifikansi berdasarkan pada kolom asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan project-based learning terhadap keterampilan kolaborasi pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik. (2) hasil dari perhitungan dengan uji multivariate analysis of variance diperoleh nilai signifikansi berdasarkan pada kolom asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh project-based learning terhadap hasil belajar pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik. (3) hasil perhitungan uji manova (multivariate analysis of variance) diketahui nilai Sig variabel self efficacy sebesar 0,000 signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh self-efficacy terhadap keterampilan kolaborasi pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik. (4) hasil perhitungan uji manova (multivariate analysis of variance) diketahui nilai Sig variabel self efficacy sebesar 0,000 signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar pada materi energi mata pelajaran fisika siswa kelas X SMA NU 1 Gresik. (5) hasil perhitungan uji manova (multivariate analysis of variance) nilai Sig variabel model pembelajaran PjBL dan Self Efficacy terhadap keterampilan kolaborasi sebesar 0,003 signifikansi < 0,05 (0,003 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapatinteraksi antara PjBL dan Self Efficacy terhadap keterampilan kolaborasi. (6) hasil perhitungan uji manova (multivariate analysis of variance) nilai Sig variabel model pembelajaran PjBL dan Self Efficacy terhadap hasil belajar sebesar 0,003 signifikansi < 0,05 (0,003 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapatinteraksi antara PjBL dan Self Efficacy terhadap hasil belajar.