Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berorientasi PISA Ditinjau dari Gaya Kognitif
Students' Mathematical Literacy in Solving Contextual Problems Oriented PISA in terms of Cognitive Style
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif, impulsif, cepat-akurat dan lambat-tak akurat dalam menyelesaikan masalah kontekstual berorientasi PISA menggunakan indikator merumuskan (formulate), menerapkan (employ) dan menafsirkan (interpret). Literasi matematis berdasarkan pendapat Ojose (2011) merupakan kemampuan dalam upaya mengetahui serta menerapkan matematika dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai siswa. Namun, hasil asesmen PISA berdasarkan data yang diperoleh dari OECD (2018), peringkat nilai PISA Indonesia tahun 2018 dalam tiga aspek yang dinilai yaitu membaca, matematika dan sains selalu menduduki 5 terbawah. Hal ini menjadi perhatian seluruh lapisan tenaga kependidikan hasil kajian literatur yang diperoleh menyatakan faktor yang menghambat berkembangnya literasi matematis siswa di Indonesia diakibatkan oleh terjebaknya siswa dalam permasalahan rutin yang biasa dijadikan tolak ukur kompetensi. Oleh karena itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi menyampaikan bahwa terdapat perbaikan kurikulum salah satu upaya nya adalah Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 akan dihapuskan dan digantikan dengan Asesmen Nasional (AN) atau Asesemen Kompetensi Minimum (AKM) yang sistemnya mengacu pada PISA.
Dalam penelitian pendekatan kualitatif ini, menggunakan instrumen matching familiar figure test untuk memperoleh data gaya kognitif, tes kemampuan matematika, tes literasi matematika satu dan dua serta wawancara yang telah di validasi oleh tiga dosen pendidikan matematika. Data penelitian diperoleh dari tes awal yakni matching familiar figure test dan tes kemampuan matematika hasilnya empat siswa yang memiliki kemampuan matematika setara, memilliki gaya kognitif berbeda dan komunikasi yang baik menjadi subjek penelitian. Subjek dari masing-masing gaya kognitif diberikan tes literasi matematis satu dan dua serta dilaksanakan wawancara pada masing-masing siswa untuk mengali lebih dalam informasi mengenai literasi matematis yang dimiliki siswa.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah terkait proses formulate siswa reflektif mampu mendefinisikan dan memisahkan informasi yang berguna pada soal dan informasi tambahan yang tidak perlu untuk menentukan formula yang perlu digunakan, subjek impulsif menyatakan alasan pemilihan suatu model matematika yang telah ditulis dalam penyelesaian masalah namun subjek tidak memberikan langkah detail pada penyelesaian, subjek cepat-akurat dapat mengenali struktur matematika dalam sebuah masalah sehingga subjek memiliki kemampuan lebih dalam menyelesaikan masalah, subjek lambat-tak akurat dapat mengidentifikasi aspek-aspek matematis yang ada di dalam permasalahan, mengidentifikasi pengetahuannya terkait dugaan dalam menyelesaikan masalah terlihat ragu dalam memberikan jawaban. Pada penyelesaian masalah terkait proses employ subjek reflektif dapat merancang strategi dan menerapkan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah. Subjek impulsif dapat merancang strategi dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dan menjelaskan menggunakan bahasa sendiri namun subjek tergesa-gesa dan kurang teliti dalam merancang strategi penyelesaian, Subjek cepat-akurat dapat merancang strategi dalam menyelesaikan sebuah permasalahan, memanipulasi bilangan, data dan informasi, grafis dan persamaan aljabar subjek tidak menunjukkan kesulitan dalam penyelesaian dan berargumen. Subjek lambat-tak akurat menunjukkan dapat merancang strategi dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dan menjelaskan menggunakan bahasa sendiri selain itu subjek dapat mengaitkan denan pengetahuan yang ia miliki sebelumnya. Pada proses interpret subjek reflektif, subjek impulsif, subjek cepat-akurat dan subjek lambat-tak akurat dapat memberikan alasan dan mengevaluasi dengan jelas berdasarkan hasil yang didapat dan menjelaskan alasan rasional mengenai hasil yang didapat. Subjek reflektif mampu memenuhi semua indikator, subjek impulsif tidak dapat memenuhi indikator mengenali struktur matematika, memanipulasi bilangan, data dan persamaan aljabar, subjek cepat-akurat mampu memenuhi semua indikator yang diberikan, subjek lambat-tak akurat tidak dapat memenuhi indikator menyederhanakan situasi atau masalah dan memanipulasi bilangan, serta data persamaan aljabar.
Berdasarkan hasil yang diperoleh masalah kontekstual berorientasi PISA berkontribusi terhadap berkembangnya literasi matematis siswa. Siswa yang terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual berorientasi PISA memiliki kemampuan matematis yang terstruktur dan dinamis, sedangkan siswa yang terbiasa menghafal kemampuan matematis yang dimiliki cenderung sama. Keberagaman gaya berpikir siswa memberikan kontribusi terhadap literasi matematis siswa, sehingga diperoleh deskripsi mengenai literasi matematis siswa dari berbagai gaya berpikir yang dapat digunakan secara efektif dalam dunia pendidikan untuk menyusun strategi pembelajaran dalam mengembangkan literasi matematis.
This study aims to describe the mathematical literacy of students who have reflective, impulsive, fast-accurate and slow-inaccurate cognitive styles in solving PISA-oriented contextual problems using indicators formulate, employ and interpret. Mathematical literacy based on the opinion of Ojose (2011) is the ability to know and apply mathematics in solving problems in everyday life. Mathematical literacy is an important skill for students to master. However, the results of the PISA assessment based on data obtained from the OECD (2018), the ranking of Indonesia's PISA scores in 2018 in the three aspects assessed, namely reading, mathematics and science, always occupies the bottom 5. This has attracted the attention of all levels of education personnel. The results of the literature review obtained state that the factors that hinder the development of mathematical literacy of students in Indonesia are caused by the trapping of students in routine problems that are usually used as benchmarks of competence. Therefore, the Minister of Education and Culture officially said that there was an improvement in the curriculum. One of the efforts was that the National Examination (UN) in 2021 would be abolished and replaced with the National Assessment (AN) or Minimum Competency Assessment (AKM) whose system refers to PISA.
In this qualitative approach research, using the familiar figure test matching instrument to obtain cognitive style data, mathematical ability tests, mathematical literacy tests one and two as well as interviews that have been validated by three mathematics education lecturers. The research data was obtained from the initial test, namely the matching familiar figure test and the mathematical ability test. The results showed that four students who had equal mathematical abilities, had different cognitive styles and had good communication were the subjects of the study. Subjects from each cognitive style were given one and two mathematical literacy tests and interviews were carried out on each student to dig deeper into the information about students' mathematical literacy.
The research findings show that in solving problems related to the formulate process, reflective students are able to define and separate useful information on the problem and additional information that is not necessary to determine the formula that needs to be used, impulsive subjects state the reasons for choosing a mathematical model that has been written in problem solving but the subject does not provide detailed steps in solving the problem, the fast-accurate subject can recognize the mathematical structure in a problem so that the subject has more ability to solve the problem, the slow-inaccurate subject can identify the mathematical aspects in the problem, identify his knowledge related to conjectures in the problem. solve the problem looks hesitant in providing an answer. In solving problems related to the process of employing reflective subjects, they can design strategies and apply mathematical concepts in solving problems. Impulsive subjects can design strategies in solving a problem and explain using their own language but the subject is in a hurry and is less thorough in designing solving strategies, fast-accurate subjects can design strategies in solving a problem, manipulating numbers, data and information, graphics and algebraic equations the subject does not show difficulty in solving and arguing. The slow-inaccurate subject shows that he can design strategies in solving a problem and explain using his own language, besides that the subject can relate to the knowledge he has previously. In the process of interpreting reflective subjects, impulsive subjects, fast-accurate subjects and slow-inaccurate subjects can provide reasons and evaluate clearly based on the results obtained and explain rational reasons for the results obtained. Reflective subjects are able to fulfill all indicators, impulsive subjects cannot fulfill indicators of recognizing mathematical structures, manipulating numbers, data and algebraic equations, fast-accurate subjects are able to fulfill all given indicators, slow-inaccurate subjects cannot fulfill indicators simplify situations or problems and manipulating numbers, as well as algebraic equation data.
Based on the results obtained, PISA-oriented contextual problems contribute to the development of students' mathematical literacy. Students who are accustomed to solving PISA-oriented contextual problems have structured and dynamic mathematical abilities, while students who are accustomed to memorizing their mathematical abilities tend to be the same. The diversity of students' thinking styles contributes to students' mathematical literacy, so that a description of students' mathematical literacy from various thinking styles can be used effectively in education to develop learning strategies in developing mathematical literacy.