EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
Pendidikan di Indonesia telah memasuki era dunia digital, menjadi tantangan khusus bagi manajemen pendidikan dalam mengimbangi cepatnya perubahan zaman. Untuk dapat mengikuti proses pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, sedikitnya individu harus dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga memiliki ilmu dasar literasi digital yang digunakan untuk mengoperasikan berbagai bentuk media platform pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ini adalah studi pustaka (literature review) dengan menghimpun beberapa sumber pustaka seperti jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional yang relevan. Adapun artikel ini mengkaji 25 jurnal yang terdiri dari 15 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional. Pembelajaran daring merupakan salah satu alternatif agar proses pembelajaran dapat berjalan walau dari rumah. Setiap individu harus memiliki kemampuan literasi digital, karena hampir seluruh aktivitas pembelajaran menggunakan media digital. Tingginya tingkat literasi digital, secara tidak langsung dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Sehingga diperlukan kemampuan literasi digital yang apik, agar penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring dapat berjalan sesuai tujuan yang ditentukan.
In Indonesia, education has entered the digital world era. It becomes a special challenge for education management in keeping pace with the rapidly shifting times. To be able to follow the online learning process during the Covid-19 pandemic, at least an individual must be able to follow technological developments in order to have basic digital literacy knowledge that is required to operate various forms of online learning platform media. The method applied in compiling this article is a literature study by obtaining several literary sources such as journals, both relevant national journals, and international journals. This article examined 25 journals, consisting of 15 national journals and 10 international journals. Online learning is an alternative that enables the learning process can run even from home. Every individual must have digital literacy skills because most of the learning activities employ digital media. The digital literacy level can indirectly affect students’ learning outcomes. Therefore, a decent digital literacy skill is required to enable the use of information and communication technology in the implementation of online learning can run accordingly to the specified goals.