Hubungan Antara Efikasi Diri dan Konsep Diri dengan Perencanaan Karier Siswa di MA Bilingual Sidoarjo
The Relationship Between Self-Efficacy and Self-Concept with Student Career Planning at MA Bilingual Sidoarjo
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui0hubungan antara efikasi diri dan konsep diri0dengan perencanaan karier0siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik0Pengambilanoosampel menggunakan00metode proportional random osampling.Teknik analisis data menggunakan teknik uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan efikasi diri dan konsep diri dengan perencanaan karier ditunjukkan dengan Nilai f hitung efikasi Diri dan konsep diri dengan perencanaan karier secara stimultan sebesar 3,205 > 3,09 (f tabel) memiliki arti bahwa “Adaohubunganosignifikan konsepodiri dan efikasi diri secara stimultan dengan perencanaan karier siswa”. Maka jika konsep diri dan efikasi diri siswa tinggi maka siswa dapat merencanakan karir dengan baik. Peneliti merekomendasikan kepada guru BK sekolah untuk diberikan layanan dasar dan layanan perencanaan individual agar siswa berhasil merencanankan kariernya dengan baik. Program layanan BK yang dapat diberikan kepada siswa hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan peningkatan efikasi diri dan konsep diri untuk menunjang keberhasilan karier siswa.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Konsep Diri, Perencanaan Karier Siswa
Thisiistudyiiaims toiidetermine the relationship between self-efficacy and self-concept with student career planning at Madrasah Aliyah Bilingual Sidoarjo. This research uses correlational quantitative method. The sampling technique used proportional random sampling. Theodata analysisotechniqueoused the aPearson correlationotest techniqueoand the multiple linear regression test. The results of this study there is a significant relationship between self-efficacy and self-concept with career planning indicated by the f value of self-efficacy and self-concept with simultaneous career planning of 3.205 > 3.09 (f table) which means that "Thereois a significantorelationshipobetween self-concept and Self-efficacy simultaneously (together) with students' Career Planning. So if students' self-concept and self-efficacy are high, students can plan their careers well. The researcher recommends that school counseling teachers be given basic services and individual planning services so that students can successfully plan their careers well. BK service programs that can be provided to students on matters relating to activities to increase self-efficacy and self-concept to support student career success.
Keywords: Self Eficacy, Self Concept, Student Career Planning