The Representation of Literacy as Individualism in Greta Gerwig's Little Women
Praktik literasi menggambarkan bagaimana orang berinteraksi dengan teks atau menggunakan bahasa tertulis sesuai dengan nilai-nilai yang mereka anut. Ada beberapa cara untuk mengekspresikan literasi, salah satunya adalah literasi sebagai individualisme (William & Zenger, 2007, hal. 127). Teori ini berfokus pada keunikan individu dan bagaimana keunikan tersebut dapat mengasingkan mereka dari lingkungannya. Teori ini sejalan dengan adaptasi film Little Women (2019) karya Greta Gerwig, yang menampilkan banyak peristiwa tentang praktik literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana individualisme Jo March dalam film Little Women (2019) diilustrasikan melalui literasi. Kerangka kerja konseptual analisis ini didasarkan pada perspektif New Literacy Studies (NLS) tentang literasi sebagai praktik sosial serta menggunakan teori Williams dan Zenger (2007, hal. 127) tentang literasi sebagai individualisme. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Jo March merepresentasikan literasi sebagai individualisme. Kesimpulan dari penelitian ini pada akhirnya menunjukkan bahwa individualisme Jo March dapat direfleksikan melalui literasi melalui rutinitasnya membaca buku, menulis cerpen, membuat novel, dan menulis surat serta menerima surat dari keluarganya di dalam film.
Literacy practice describes how people interact with text or use written language according to their values. There are several ways to express literacy, one of which is literacy as individualism (William & Zenger, 2007, p. 127). It primarily focuses on individuals' uniqueness and how it alienates them from people in general. This theory is in line with Greta Gerwig’s Little Women (2019), which features numerous events on literacy practices. The purpose of the study is to demonstrate how Jo March's individualism in Gerwig's Little Women (2019) is illustrated through literacy. The conceptual framework is based on the New Literacy Studies (NLS) perspective of literacy as a social practice as well as using Williams and Zenger's (2007, p. 127) theory of literacy as individualism. This study aims to illustrate how Jo March represents literacy as individualism. The study's conclusions ultimately show that Jo March's individualism can be reflected through literacy under her routines of reading books, writing short stories, composing a novel, and writing letters as well as receiving letters from her family in the film.