Globalisasi
membawa dampak besar bagi perkembangan dunia bisnis. Perusahaan yang ingin
berkembang&mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk
yang berkualitas & pelayanan yang baik. Sementara pelanggan mulai beralih
menjadi semakin kritis sehingga menimbulkan tingginya tuntutan mendapatkan
produk atau jasa yang berkualitas.
Dari penelitian ini
penulis berharap mengetahui apa saja atribut pelayanan yang dianggap penting
oleh konsumen yang belum bisa diberikan oleh bengkel Suzuki PT Sejahtera Buana
Trada dan mengetahui upaya apa yang harus dilakukan untuk membuat House Of
Quality agar kepuasan pelanggan dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan pada
Suzuki PT Sejahtera Buana Trada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan metode kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji validitas dan reabilitas menggunakan SPSS 20
Dari penelitian diperoleh hasil 3 atribut
pelayanan yang dianggap penting oleh konsumen adalah Jaminan
keamanan&kenyamanan pelanggan selama melakukan servis (4,51),Kebersihan&kenyamanan
fasilitas pelanggan (ruang tunggu, area bengkel &toilet)(4,46) dan Jam
operasional bengkel(4,46). Penilaian 3 prioritas tertinggi kepuasan konsumen
adalah Jam operasional bengke(4,35), Kebersihan & kenyamanan fasilitas
pelanggan (ruang tunggu, area bengkel&toilet) (4,33), Kerapihan seragam
& penampilan petugas servis (4,32). Upaya yang harus dilakukan berdasarkan
HOQ adalah Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mekanik,foreman dan
SA(0,210), Seluruh petugas servis wajib melakukan 5S pada pelanggan(0,198),
Memberi papan informasi pada meja SRO agar pelanggan tidak bingung mencari
informasi(0,115).
Kata kunci : Kepuasan pelanggan, Kualitas layanan, QFD