Application of Cross Hatching Techniques in Illustration Drawing Lesson Class 8 MTs Nurul Huda Sidayu Gresik
Pembelajaran seni budaya khususnya materi menggambar ilustrasi di MTs Nurul Huda Wadeng Sidayu Gresik kurang menarik, pembelajaran terlalu monoton, sehingga siswa merasa bosan. Peneliti ingin memberikan alternatif baru yakni menggambar ilustrasi menggunakan teknik cross hatching, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik cross hatching. Mendeskripsikan hasil karya siswa siswi. Mendeskripsikan respon siswa siswi kelas 8 MTs Nurul Huda Sidayu Gresik tentang menggambar ilustrasi dengan teknik cross hatching. Dengan begitu siswa siswi diharap lebih antusisas, kreatif dan mendapat wawasan baru berkarya dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil pembelajaran menggambar ilustrasi menggunakan teknik cross hatching terdapat 10 karya yang dimana terdapat 2 karya dengan kategori sangat baik, 4 karya dalam kategori baik, 2 karya dalam kategori cukup baik, dan 2 karya dalam kategori kurang baik atau perlu bimbingan.. Pendapat siswa mengenai pembelajaran ini cukup menarik, dan bisa menambah pengalaman baru untuk berkarya. Maka disimpulkan bahwasanya menggambar ilustrasi menggunakan teknik cross hatching di MTs Nurul Huda Sidayu Gresik secara keseluruhan tergolong dalam kategori baik, serta mampu menambah kreativitas dan wawasan baru bagi siswa dalam berkarya.
Learning art and culture, especially illustration drawing material at MTs Nurul Huda Wadeng Sidayu Gresik, is less interesting, learning is too monotonous, so students feel bored. The researcher wants to provide a new alternative, namely drawing illustrations using the cross hatching technique, the goal to be achieved in this study is to describe the process of learning to draw illustrations using the cross hatching technique. Describe the work of students. Describes the responses of 8th grade students of MTs Nurul Huda Sidayu Gresik about drawing illustrations using the cross hatching technique. In this way, students are expected to be more enthusiastic, creative and gain new insights into working in learning activities. The type of research used is descriptive qualitative and data collection through observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data analysis technique of this research includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. From the results of learning to draw illustrations using the cross hatching technique, there are 10 works of which there are 2 works in the very good category, 4 works in the good category, 2 works in the fairly good category, and 2 works in the poor category or need guidance. This learning is quite interesting, and can add new experiences to work. So it was concluded that drawing illustrations using the cross hatching technique at MTs Nurul Huda Sidayu Gresik was overall in the good category, and was able to add creativity and new insights for students in their work.