Hasil penelitian yang terkait ditemukan gap penelitian Sari (2016) menemukan bahwa citra merek dan harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Xiaomi di Yogyakarta. Hasil penelitian Akbar (2011) juga menyimpulkan bahwa Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Laptop Asus di Semarang. Sementara hasil penelitian David (2011) Menyimpulkan bahwa Citra Merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop merek Acer di semarang. Mellya (2013) menyimpulkan bahwa variabel harga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Samsung series di Surabaya. Kebaruan penelitian ini terletak pada tujuan yang ingin dicapai yaitu (1) untuk mendeskripsikan kondisi variabel citra merek, harga, dan keputusan pembelian di ACK Lenovo Store Surabaya, (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian di ACK Lenovo Store Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan 245 responden dengan teknik accidental sampling. Jumlah sampel adalah 65 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 16.0. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan nilai residual berdistribusi normal, tidak ditemukan adanya korelasi antar variabel, terdapat hubungan linier antar variabel, tidak terjadi heterokedastisitas, model fit, berpengaruh parsial, hasil uji-f model fit, dan hasil analisis regresi linear berganda adalah berpengaruh tinggi.
Simpulan penelitian ini adalah (1) kondisi variabel citra merek, harga dan keputusan pembelian pada ack lenovo store tergolong kuat. (2) Citra merek secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Istilah kunci : Citra Merek, Harga, keputusan pembelian
Related research findings found a gap in Sari's research (2016) finds that brand image and price are related to Xiaomi's purchase decision in Yogyakarta. The results of Akbar's research (2011) also concluded that the price also have influence of purchasing Asus Laptop products in Semarang. While the results of David's (2011) research concluded that the Brand Image was not opposed to the decision to purchase Acer brand laptops in Semarang. Mellya’s (2013) concluded that the price variable had no effect on the Samsung series purchase decisions in Surabaya. The novelty of this research lies in the objectives to be achieved, namely (1) to describe the condition of the brand image, price, and purchasing decisions in ACK Lenovo Store Surabaya, (2) to find out and analyze the influence of brand image variable and price on purchasing decisions at ACK Lenovo Store Surabaya.
The type of research used is descriptive with quantitative research. The population used was 245 respondents with accidental sampling technique. The number of samples is 65 respondents. Data collection techniques using questionnaires and interviews. The analysis technique uses the classic assumption test and multiple linear regression analysis with SPSS version 16.0. The classic assumption test results show that residual values are normally distributed, there are no inter-variables found, there is a linear relationship between variables, there is no heterocedasticity, fit models, partial dealing, f-test results fit model, and multiple regression analysis results are used as high.
The conclusions of this research are (1) the condition of the brand image variable, price and purchasing decisions on Lenovo store are relatively strong. (2) Brand image is not partial to purchasing decisions, partial price affects purchasing decisions, brand image and price simultaneously influence the purchasing decision.
Key terms: Brand Image, Price, purchasing decision