Perspektif Guru Bahasa Inggris SMK Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di Surabaya
Vocational High School English Teachers' Perspectives on "Merdeka Belajar" Curriculum
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi perspektif guru mengenai konsep Merdeka Belajar dan penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan melibatkan 8 guru Bahasa Inggris dari sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berbeda. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan angket dan melakukan semi-structured interview. Hasil dari pengolahan data menunjukkan tidak semua guru memahami konsep Merdeka Belajar. Hasil pengolahan data juga menunjukkan bahwa penerapan RPP 1 Lembar oleh guru belum memenuhi ekspektasi ekspektasi Merdeka Belajar. Terdapat beberapa pernyataan yang berbeda dari apa yang subjek tulis pada kuesioner dan pada saat interview. Namun secara keseluruhan, semua partisipan mendukung penuh pelaksanaan Merdeka Belajar
This study aims to identify the teachers’ perspectives on the Merdeka Belajar curriculum in terms of its concept and lesson plan. The method used was qualitative-descriptive that involved 8 English teachers from different Vocational High Schools in Surabaya. The data collected through questionnaires and semi-structured interviews. After being analyzed, the results showed that not all teachers understand the concept of Merdeka Belajar. The finding also showed that the implementation of a one-page lesson plan (RPP 1 Lembar) had not met the expectation of Merdeka Belajar. What was being stated by participants was different from what was being told during the interview and this affects the final results. However, all participants fully support the implementation of this new curriculum.