Dalam proses pembelajaran pada Pendidikan Nonformal peserta didik mendapatkan pendampingan dari seorang tutor. Tutor adalah komponen penting dalam proses pembelajaran yang memiliki fungsi membantu peserta didik mengatasi kesulitan dalam proses belajar. Keberhasilan peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaiakan dan efektiv tidaknya proses pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh kemampuan dan kompetensi tutor saat menyampaikan bahan ajar. Berdasarkan uraikan diatas, maka dirasa perlu untuk melihat bagaimana tingkat kompetensi pada tutor untuk mencapai keefektifan pembelajaran di SPNF SKB Negeri Kabupaten Malang.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yakni kuntitatif korelasional. Dalam penelitian ini menjadikan 32 orang sebagai responden yang merupakan peserta didik kesetaraan paket B kelas 7. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisoner, obeservasi, dan juga dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data yang digunakan adalah memakai rumus produk momen guna mengetahui hasil kuisoner dan presentase hsil dari sebuah observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai dari r hitung menunjukkan nilai lebih tinggi daripada nilai r table (0,487 ≥ 0,349) yang artinya ada korelasi yang positive antara kompetensi tutor dengan keefektifan pembelajaran. kedua variable memiliki hubungan yang tergolong tinggi disebabkan terletak diinterval koefisien 0,40 – 0,599. Hasil dari uji siignifikansi memperlihatkan adanya t hitung yang lebih tinggi daripada t table (3,054 ≥ 2,042) maka bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat suatu hubungan yang positive antara evektivenya pembelajaran dengan kompetensi tutor/guru, hasil tersebut juga didukung dengan perhitungan persentase kompetensi pedagogik 78,57% yang termasuk dalam kategori Baik, kompetensi kepribadian 83,33%, kompetensi social 93,75%, kompetensi professional 81,25% yang termasuk dalam kategori baik sekali dan untuk keefektifan pembelajaran, mutu pengajaran 87,5%, tingkat pengajaran yang tepat 91,6%, insentif 87,5% yang termasuk dalam kategori baik sekali dan waktu 75% yang termasuk dalam kategori Baik. Tutor diharapkan mau mengikuti program seminar ataupun diskusi dan kegiatan lainnya yang bisa meningkatkan kompetensi supaya bisa menciptakan pembelajaran yang lebih efektif lagi untuk peserta didik
Kata kunci: Kompetensi Tutor, Keefektifan Pembelajaran, Program Kesetaraan.
In the learning process in Non-formal Education students get assistance from a tutor. Tutors are an important component in the learning process that has the function of helping students overcome difficulties in the learning process. The success of students in understanding the material that has been conveyed and the effectiveness of the learning process is influenced by the ability and competence of tutors when delivering teaching materials. Based on the description above, it is felt necessary to see how the level of competence of the tutor to achieve the effectiveness of learning in SPNF SKB Negeri Malang Regency.
This research approach is quantitative with correlational type of research. The number of respondents in this study is 32 people who were grade 7 junior high school equivalency . The data collection techniques used were questionnaire, observation, and documentation. As for the technique of data analysis using the product moment formula to analyze the results of the questionnaire and the percentage for the results of observation.
Significance test results also indicate that t arithmetic is greater than t table (3,054 ≥ 2,042) so, the conclusion is that there is a positive and significant relationship between tutor competencies with learning effectiveness, these results are also supported by the calculation of pedagogical competence percentage of 78,57% which is included in either category, personality competence 83,33%, social competence 93,75%, professional competence 81,25% which is included in the excellent category and for the effectiveness of learning, teaching quality 87,5%, the right teaching level 91,6%, incentives 87.5% which is included in the excellent category and times 75% which is included in either category. Tutors are expected to take part in seminars or discussion programs and other activities that can improve competence in order to create more effective learning for students
Keywords: Tutor Competence, Learning Effectiveness, Equality Program.