Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan autodesk Inventor terhadap kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran gambar teknik kelas X TPM di SMK PGRI 1 Sidoarjo; 2) mendeskripsikan Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan autodesk Inventor terhadap proses pembelajaran gambar teknik kelas X TPM di SMK PGRI 1 Sidoarjo; 3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar gambar teknik siswa kelas X TPM di SMK PGRI 1 Sidoarjo
Metode penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental design dengan jenis penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1 dengan 43 siswa sebagai kelompok eksperimen dan Siswa 45 siswa X TPM 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, lembar angket, soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor kemampuan kolaborasi dan efektifitas penerapan model pembelajaran, menyajikan data, dan menarik kesimpulan hasil belajar gambar teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan kolaborasi siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin dengan menerapkan model pembelajaran TAI menggunakan Autodesk Inventor sangat kuat; 2) penerapan model pembelajaran TAI menggunakan Autodesk Inventor pada mata pelajaran gambar teknik mesin berjalan sangat efektif; 3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin dengan menerapkan model pembelajaran TAI menggunakan Autodesk Inventor meningkat.
Kata Kunci: TAI, Kemampuan Kolaborasi, Efektivitas Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa.
This research is an experimental research that aims to: 1) describe the effect of applying the TAI type of cooperative learning model using the Autodesk Inventor on the students' collaborative ability in learning technical drawing of class X TPM at SMK PGRI 1 Sidoarjo; 2) describe the Effectiveness of the TAI type of cooperative learning model using the Autodesk Inventor on the process of learning the technical drawing of class X TPM in SMK PGRI 1 Sidoarjo; 3) describe the improvement in learning outcomes of technical drawing students of class X TPM at SMK PGRI 1 Sidoarjo
The method of this research is Quasi experimental design with Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this study were students of class X TPM 1 with 43 students as the experimental group and Students 45 students of X TPM 2 as the control class. The data collection techniques of this study used observation, questionnaires, and tests. The research instruments used were observation guidelines, questionnaire sheets, and test questions. Data analysis techniques using quantitative descriptive data analysis with percentages performed by calculating the score of collaboration skills and the effectiveness of the application of learning models, presenting data, and drawing conclusions from the results of learning technical drawings.
The results of this study indicate that: 1) the collaboration skills of students in mechanical engineering drawing subjects by applying the TAI learning model using Autodesk Inventor are very strong; 2) the application of the TAI learning model using Autodesk Inventor in mechanical engineering drawing subjects runs very effectively; 3) student learning outcomes in mechanical engineering drawing subjects by applying the TAI learning model using Autodesk Inventor increases.
Keywords: TAI, Collaborative Ability, Learning Effectiveness, Student Learning Outcomes.