IMPLEMENTASI PROGRAM E-UJI KIR DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) TANDES KOTA SURABAYA
Nama : Florida Syakila Septianti
Nim : 15040674062
Program Studi : S1 – Ilmu Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Negara
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Indah Prabawati, S. Sos., M.Si
Uji KIR sangatlah penting karena sebagai salah satu syarat untuk kendaraan bermotor beroperasi dijalan selain itu dengan uji kir ini dapat mengetahui kelayakan kendaraan bermotor apakah layak beroperasi atau tidak, dengan adanya uji kelayakan kendaraan bermotor dapat menjamin keselamat, kenyamanan, dan keamanan dalam mengoperasikan kendaraan bermotor dijalan, tetapi dalam pelayanannya pengujian kendaraan bermotor membutuhkan waktu yang lama bisa seharian hanya untuk mengujikan satu unit kendaraan, banyak masyarakat lebih memilih menggunakan calo atau membayar pungli agar mendapatkan hasil tes yang diinginkan tanpa harus mengujikan kendaraanya dan mengantri lama. Pelayanan yang kurang optimal tersebut membuat UPTD PKB Tandes kota Surabaya mengeluarkan inovasi dalam pelayanan melalui program E-Uji KIR berdasarkan Peraturan Walikota Surabaya nomor 46 tahun 2015 tentang tata cara pelayanan pengujian kendaraan bermotor pasal 13 tentang tata cara pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat dalam mengurus uji kelayakan kendaraan bermotor dengan berbasis teknologi atau secara online tanpa harus mengantri lama dan melalui calo. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Impelementasi Program E-Uji KIR di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor ( PKB) Tandes kota Surabaya
Fokus dari penelitian ini adalah ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, komunikasi, disposisi, dan lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala pengujian UPTD PKB Tandes , Bagian administrasi, Bagian teknis serat pengguna layanan pengujian kendaraan bermotor. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian berdasarkan ukuran dan tujuan kebijakan sudah cukup baik, terbukti dengan hasil temuan di lapangan dimana pengguna layanan pengujian kelayakan kendaraan bermotor mendapatkan pelayanan yang baik dan berkurangnya pungli dan calo di UPTD PKB Tandes kota Surabaya. Pada sumber daya manusia sudah sesuai dengan tupoksi yang ada tetapi masih kurangnya sumber daya manusia bagian staff pengujian kendaraan yang kurang memadai. Merasa kurang efisien dalam melayani msyarakat, pada sumber daya finansial masih terdapat hambatan terkait dengan dana untuk pembelian software penunjang pendafataran online dan pembelian tablet / Personal Computer yang sanagat diperlukan dalam pelaksanaan pengujian berbasis teknologi. Karakteristik agen pelaksana yang mendukung berjalannya E-Uji KIR ini adalah sikap tekad yang kuat dan bertanggung jawan didalam melaksanakan inovasi E-Uji KIR. Pada indikator disposisi impelementor E-Uji KIR melibatkan semua pihak terbukti dengan komitmen para pegawai untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Komunikasi antar organisasi sudah berjalan dengan baik koordinasi yang terjalin sudah ada sebelum program E-Uji KIR ini hadir antara pihak UPTD PKB Tandes kota Surabaya dan Bank JATIM hingga saat ini kerjasama tersebut menunjang keberhasilan dari E-Uji KIR.
Adapun saran yang diajukan adalah sebaiknya melakukan perekrutan pegawai yang berkompeten karena melihat dari jumlah yang mengujikan kendaraanya dengan staff yang menguji jumlahnya kurang memadai, selain itu kelengkapan akan software pada PC/ tablet untuk pengujian kendaraan bermotor harap segera dipenuhi.
Kata Kunci : Implementasi, E-Uji KIRE-TEST KIR IMPLEMENTATION OF PROGRAM IN REGIONAL TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT (UPTD) TESTES OF SURABAYA CITY (PKB) TANDES
Name : Florida Syakila Septianti
Study program : S1 - State Administration Science
Department : State Administration
institution name : Surabaya State University
Advisor of lecture : Indah Prabawati, S. Sos., M.Sc.
The KIR test is very important because as one of the requirements for motorized vehicles to operate on the road other than that with this kir test it can determine the feasibility of motorized vehicles whether it is feasible to operate or not, with due diligence of motorized vehicles can guarantee safety, comfort and safety in operating motorized vehicles on the road,but in its service testing motorized vehicles requires a long time all day just to test one vehicle, many people prefer to use brokers or pay extortion to get the desired test results without having to test the vehicle and wait in line. The less than optimal service made the UPTD PKB Tandes in Surabaya to issue innovations in service through the KIR E-Test program based on Surabaya Mayor Regulation number 46 of 2015 concerning procedures for testing motor vehicle services article 13 concerning procedures for testing motorized vehicles aimed at facilitating service to the community and make it easier for the community to take care of the feasibility of motorized vehicles based on technology or online without the long queue flow and through brokers. The purpose of this study is to describe the Implementation of the KIR E-Test Program in the Regional Technical Examination Unit (UPTD) of the Tandes City Motor Vehicle Test (PKB) in Surabaya
The focus of this research is the size and objectives of the policy, resources, characteristics of implementing agents, communication, disposition, and the economic, social and political environment. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The subject of this study consisted of the head of the UPTD PKB Tandes testing, the administration section, the technical section of fiber users of motorized vehicle testing services. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data and drawing conclusions
The results of the research are based on the size and objectives of the policy which are quite good, as evidenced by the findings in the field where users of motor vehicle feasibility testing services get good service and reduced extortion and brokers at the UPTD PKB Tandes in Surabaya. In human resources, it is in accordance with the existing TUPOKSI, but there is still a lack of human resources, the parts of the vehicle testing staff are insufficient . Feeling less efficient in serving the community, in financial resources there are still obstacles related to funds for purchasing online registration support software and purchasing tablets / Personal Computers that are really needed in implementing technology-based testing. The characteristics of implementing agents that support the running of the KIR E-Test are strong and responsible determination in implementing the KIR E-Test innovation. On the indicator of the disposition of impelementor E-Uji KIR involving all parties as evidenced by the commitment of employees to provide good service to the community. Inter-organizational communication has been running well coordination has been established before the E-Uji KIR program was present between the UPTD PKB Tandes Surabaya and JATIM Bank until now the collaboration supports the success of the E-Test KIR.
A suggestion is that it is better to recruit competent employees because of the number of people testing the vehicle with staff testing the amount inadequate, besides the completeness of the software on the PC / tablet for testing motor vehicles should be fulfilled immediately
Keywords: Implementation, E-Test KIR