Hubungan Psychological Ownership dengan Komitmen Organisasi pada Guru di Yayasan X
Relationship Between Psychological Ownership and Organisational Commitment in Teachers at Foundation X
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait hubungan psychological ownership dengan komitmen organisasi. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data. Pemilihan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 81 orang guru di Yayasan X yang memiliki lama masa kerja minimal 5 tahun. Penelitian ini menggunakan software IBM SPSS 26.0 untuk membantu analisis data dalam melakukan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan dari psychological ownership dengan komitmen organisasi dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,749 yang masuk dalam kategori kuat.
This study has a purpose to know the relationship between psychological ownership and organisational commitment. The research method in this study uses quantitative methods using questionnaires as data collection techniques. The research sample selection used saturated samples. The sample used was 81 teachers at Foundation X who had a minimum length of service of 5 years. This study uses IBM SPSS 26.0 software to help analyse data in conducting the Pearson product moment correlation test. The results of this study indicate a positive and significant relationship between psychological ownership and organisational commitment with a significance value of 0.000 (p <0.05) and a correlation coefficient value of 0.749 which is classified as a strong category.