MODEL-MODEL PRAKTIK BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA : SEBUAH STUDI PERBANDINGAN
MODELS OF REFLECTIVE THINKING PRACTICES IN SCIENCE LEARNING : A COMPARATIVE STUDY
Abstrak
Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model berpikir reflektif berdasarkan perbedaan dan persamaan model praktik reflektif pada empat model yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui studi perbandingan atau comparative study. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu Model Reflektif Rolfe, Model Reflektif Gibbs, Model Reflektif Bain dan Model Reflektif Kolb yang dipilih secara convenience sampling dengan memilih model yang mudah ditemui. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pedoman komponen model dan tabel pembanding. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil analisis isi perbandingan komponen pada model menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan antar empat model. Perbedaan terlihat pada tahap dan proses refleksi di setiap model. Model Reflektif Rolfe terdiri dari 3 tahap, Model Reflektif Gibbs terdiri dari 6 tahap, Model Reflektif Bain terdiri dari 5 tahap, Model Reflektif Kolb teridiri dari 4 tahap dan juga terdapat model dengan proses refleksi yang sederhana yaitu Model Reflektif Rolfe kemudian model dengan proses refleksi yang kompleks yaitu Model Reflektif Gibbs. Sedangkan persamaan pada keempat model tersebut terlihat pada sifat model yaitu retrospeksi,evaluasi diri, dan reorientasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya perbedaan dan persamaan pada model menunjukkan bahwa tidak ada model yang dapat dikatakan efektif.
Kata Kunci: berpikir reflektif, praktik reflektif, pemecahan masalah
Abstract
This research had been conducted aimed to describe the effectiveness of a reflective thinking model based on equations and a model of reflective practice equations in four different models. This research uses descriptive qualitative research methods through comparative studies or comparative studies. The object of research in this study were the Rolfe Reflective Model, the Gibbs Reflective Model, the Bain Reflective Model and the Kolb Reflective Model which were selected by convenience sampling by choosing a model that was easy to find. The instrument used to collect data in this study was to use a new sheet of model components and a comparison table. Technique data in research using literature study. Data analysis techniques in research using content analysis. The results of the analysis of the component comparison content in the model show that there are differences and similarities between the models. The differences can be seen in the stage and reflection process in each model. The Rolfe Reflective Model consists of 3 stages, the Gibbs Reflective Model consists of 6 stages, the Bain Reflective Model consists of 5 stages, the Kolb Reflective Model consists of 4 stages and there is also a model with a simple reflection process, namely the Rolfe Reflective Model then a model with a complex reflection process that is The Gibbs Reflective Model. While the similarities in the four models can be seen in the nature of the model, namely retrospection, self-evaluation, and reorientation. The conclusion of this study is that the equations and equations in the model indicate that there is no model that can be said to be effective.
Keywords: reflective thinking, reflective practice, problem solving.