Eko
Andrianto, Rico 2023. Pengaruh Model Product Based Learning Terhadap
Kreativitas Dan Keterampilan Kolaborasi Pada Materi Profil Technopreneur,
Peluang Usaha, Dan Profesi Bidang DKV Fase E Di SMK Negeri 1 Kasiman Bojonegoro.
Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) (II) Dr. Fajar Arianto, M.Pd dan Pembimbing
(II) Dr. Hari Sugiharto S., M.Pd.
Kata Kunci: Product Based Learning, Kreativitas,
Keterampilan Kolaborasi, profil Technopreneur, Desain Komunikasi Visual
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat
pengaruh model Product Based Learning terhadap kreativitas pada materi
profil technopreneur, peluang usaha, dan profesi bidang DKV Fase E di SMK
Negeri 1 Kasiman Bojonegoro. (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh model Product
Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi pada materi profil
technopreneur, peluang usaha, dan profesi bidang DKV Fase E di SMK Negeri 1
Kasiman Bojonegoro.
Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kasiman Bojonegoro dengan subyek penelitian
adalah siswa kelas X DKV dengan jumlah perkelas 36 peserta didik. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian The Matching Only Posttest Only Control
Group Design. Indikator kreativitas dalam penelitian ini adaptasi dari Lee
& Sherrat dengan tiga aspek penilaian yakni aspek kebaruan, manfaat produk,
dan estetika. Kemudian indikator keterampilan kolaborasi diadaptasi dari Mustaji
dengan 6 aspek penilaian yaitu berkomunikasi antar pribadi,
pembentukan/pengelolaan tim, keterampilan memecahkan masalah secara kolaborasi,
mengelola konflik, pelaporan dan presentasi, dan evaluasi diri/refleksi. Penelitian
ini membandingkan dua kelompok dan analisis data menggunakan uji t.
Hasil uji hipotesis penelitian ini (1) Model Product Based
Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas peserta didik
pada materi profil technopreneur, peluang usaha dan profesi bidang DKV di SMKN
1 Kasiman Bojonegoro. (2) Model Product Based Learning berpengaruh tetapi tidak
berbeda secara signifikan terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada
materi profil technopreneur, peluang usaha dan profesi bidang DKV di SMKN 1
Kasiman Bojonegoro. Disarankan model Product Based Learning dapat diterapkan
pada pembelajaran selanjutnya, khususnya pada materi profil technopreneur,
peluang usaha dan profesi bidang DKV. Dan dapat diuji coba pada pembelajaran
produksi materi yang berbeda untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan
kolaborasi peserta didik. Disarankan bagi penelitian selanjutnya tentang model
Product Based Learning dapat dilakukan pada materi lain berbasis produksi.