Translasi representasi matematis merupakan salah satu dari beberapa proses yang dapat dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah. Proses translasi representasi matematis adalah proses penyelesaian masalah yang dilakukan dengan mengubah dari suatu representasi matematis menjadi representasi matematis yang lain. Indikator translasi representasi matematis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari empat tahapan yakni, unpacking source, preliminary coordinator, constructing the target, dan determining equivalence. Materi yang digunakan terkait aljabar yang sudah diperoleh siswa sebelumnya. Kemampuan dalam menyelesaikan masalah setiap siswa berbeda-beda, salah satunya dapat diamati berdasarkan kemampuan matematika yang dimiliki masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan translasi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan kemampuan matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VIII SMP di Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian tes kemampuan matematika, tugas translasi representasi matematis, dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti yang bertindak mengembangkan tiga instrumen penelitian yaitu tes kemampuan matematika, tugas translasi representasi matematis, dan pedoman wawancara. Data dianalisis sesuai kegiatan yang mungkin muncul pada setiap proses translasi representasi matematis yakni baik dari representasi visual, verbal, dan simbolik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi menyelesaikan masalah dengan baik. Pada tahap membongkar sumber ditranslasikan menggunakan representasi verbal dan simbolik, mengoordinasi pemahaman ditranslasikan menggunakan representasi visual dan simbolik, mengontruksi tujuan target ditranslasikan menggunakan representasi simbolik, serta dalam menentukan kesesuaian ditranslasikan menggunakan representasi verbal. Siswa berkemampuan sedang menyelesaikan masalah dengan baik tetapi masih terdapat kesalahan pada tahap mengoordinasi pemahaman awal serta mengontruksi tujuan target. Subjek membongkar sumber ditranslasikan menggunakan representasi verbal dan simbolik, mengoordinasi pemahaman awal ditranslasikan menggunakan representasi visual dan simbolik, mengontruksi tujuan target ditranslasikan menggunakan representasi simbolik, serta menentukan kesesuaian ditranslasikan menggunakan representasi verbal. Siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masih terdapat kesalahan pada tahap mengoordinasi pemahaman awal serta mengontruksi tujuan target. Siswa tidak dapat melanjutkan penyelesaian pada masalah sumber yang disajikan dalam bentuk verbal. Adapun translasi representasi siswa yang berkemampuan rendah dalam membongkar sumber ditranslasikan menggunakan representasi verbal dan simbolik, mengoordinasi pemahaman awal ditranslasikan menggunakan representasi visual dan simbolik, mengontruksi tujuan target ditranslasikan menggunakan representasi simbolik, serta menentukan kesesuaian ditranslasikan menggunakan representasi verbal.
The translation of mathematical representations is one of several processes that students can do in solving problems. The process of translating a mathematical representation is a problem-solving process that is carried out by changing from one mathematical representation to another. The translation indicator of the mathematical representation used in this study consists of four stages, namely unpacking the source, preliminary coordinator, constructing the target, and determining equivalence. The material used is related to algebra that students have previously obtained. The ability to solve problems for each student is different, one of which can be observed based on the mathematical abilities of each student. This study aims to describe the translation of students' mathematical representations in solving problems based on mathematical ability.
This research is a descriptive study using a qualitative approach. The research subjects were three grade VIII students of junior high school in the 2022/2023 academic year. The data collection technique used was the provision of mathematical ability tests, assignments of translation of mathematical representations, and interviews. The main instrument in this study was the researcher who developed three research instruments, namely the mathematical ability test, the task of translating mathematical representations, and the interview guide. The data were analyzed according to the activities that might appear in each process of translation of mathematical representations, namely from visual, verbal and symbolic representations.
The results of this study indicate that high ability students solve problems well. At the stage of unpacking the source is translated using verbal and symbolic representations, coordinating understanding is translated using visual and symbolic representations, constructing the target goals is translated using symbolic representations, and in determining suitability is translated using verbal representations. Students with ability are solving problems well but there are still errors at the stage of coordinating initial understanding and constructing target goals. The subject disassembles the source translated using verbal and symbolic representations, coordinates the initial understanding translated using visual and symbolic representations, constructs the target goals translated using symbolic representations, and determines the suitability of being translated using verbal representations. Students with low ability in completing there are still errors at the stage of coordinating initial understanding and constructing target goals. Students cannot continue solving the source problem presented in verbal form. As for the translation of students' representations with low ability in unpacking sources translated using verbal and symbolic representations, coordinating initial understanding translated using visual and symbolic representations, constructing target goals translated using symbolic representations, and determining suitability translated using verbal representations.