Analisis Trend Pengembangan Permainan Monopoli Dalam Pembelajaran Fisika
Trend Analysis of Monopoly Game Development in Physics Learning
Abstrak
Perkembangan teknologi kini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan dalam penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik digunakan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan permainan monopoli dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dari berbagai jurnal baik jurnal nasional dan jurnal internasional yang terakreditasi sinta 1-3 yang telah di publish 10 tahun terakhir. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif melalui studi pustaka. Hasil yang didapatkan bahwa penggunaan permainan monopoli fisika adalah baik digunakan dalam pembalajaran fisika yang dapat melatihkan ketrampilan berpikir siswa, penguasaan konsep, hasil belajar, dan motivasi siswa terhadap materi fisika.
Kata kunci: Media pembelajaran, permainan monopoli, pembelajaran fisika
Abstract
The development of technology is now very influential in the world of education in the use of learning media. Learning media that are interesting to use can improve student interest in learning and improve student learning achievement. This study aims to describe the game of monopoly in physics learning. The type of research used is literature study from various journals, both national and international journals that are accredited Sinta 1-3 which have been published in the last 10 years. The analysis used in this research is qualitative descriptive analysis through literature study. The results obtained are that the use of physics monopoly game is used well in physics lessons that can facilit at a students' thinking skills, mastery of concepts, learning,, and student motivation towards physics material.
Keywords: Achievement media, monopoly games, physics learning