MODEL PENDAMPINGAN ANAK JALANAN BERBASIS PENGUATAN MINAT BAKAT DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA
STREET CHILDREN ASSISTANCE MODEL BASED ON STRENGTHENING TALENT INTEREST IN THE REGIONAL TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT INDONESIAN CHILDREN VILLAGE OF SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model pendampingan anak jalanan berbasis penguatan minat bakat di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya dengan menggali faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pendampingan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini didukung oleh pedoman observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi koleksi data, kondensasi data, display data dan verivikasi data. Keabsahan dan kriteria data yang digunakan yaitu: kepercayaan, dependabilitas, konfirmabilitas dan transfermabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pendampingan anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya menggunakan pendekatan humanistik, di mana pendamping menggunakan pendekatan yang menekankan pada pengalaman dan perilaku anak jalanan, melaksanakan pendampingan belajar dengan memasukkan anak jalanan ke sekolah formal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model pendampingan minat bakat anak jalanan yaitu: a) respon positif dari anak jalanan dan beberapa orang tua, b) kemauan untuk melakukan kegiatan pendampingan minat bakat, c) adanya antusias yang tinggi dari pihak pendamping untuk melakukan kegiatan minat bakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) sikap malas dari beberapa anak jalanan yang mengikuti pendampingan minat bakat, b) kurangnya prasarana atau tempat bagi anak jalanan untuk memamerkan atau menjual karya lukisan, c) pengaruh lingkungan supaya tidak mengikuti kegiatan minat bakat, d) dari segi sarana untuk peralatan tinju kurang memadai.
Kata Kunci: model pendampingan minat bakat, anak jalanan
This study aims to reveal a street children mentoring model based on strengthening talent interest in Service Technical Implementing Unit Indonesian Children Village of Surabaya by exploring the supporting and inhibiting factors in the implementation of the mentoring model. The type of research uses is a qualitative research approach with a qualitative descriptive type. This research is supported by participant observation guideliness, indepth interviews and documentation. Research data analysis includes data collection, data condensation, data display and data verivication. The validity and data criteria used namely: trust, dependability, confirmability and transfermability. The results of this study indicate that the street children mentoring model in Service Technical Implementing Unit Indonesian Children Village of Surabaya uses a humanistic approach, where the mentor uses an approach that emphazises the experiences and behavior of street children, implementing learning assistance by entering street children into formal schools. The supporting factors in the implementation of the street children talent interest mentoring model, namely: a) positive response from street children and some parents, b) willingness to carry out talent interest mentoring activities, c) high enthusiasm from the assistant to carry out talent activities. While the inhibiting factor is are: a) laziness of some street children who participate in talent in talent interest assistance, b) lack of infrastructure or a place for street children to display or sell paintings, c) environmental influence so as not to participate in talent interest activities, d) in terms of the means for boxing equipment are inadequate.
Keywords: model of assistance for talent interest, street children