PENGEMBANGAN RANCANGAN GEDUNG PASAR PORONG SIDOARJO
DEVELOPMENT OF THE PORONG MARKET BUILDING DESIGN IN SIDOARJO
ABSTRAK
Oleh:
Adnan Wildan Toyibi
Stigma masyarakat yang menganggap pasar tradisional terkesan kumuh dan bau mengakibatkan pengunjung mencari alternatif berbelanja ditempat lain. Keinginan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan fasilitas Pasar Porong Sidoarjo didasari atas kurangnya sarana dan prasarana yang lengkap. kurangnya jumlah lapak dan kios menyebabkan pedagang berjualan dipinggir jalan yang seharusnya digunakan sebagai akses jalan keluar masuk pasar. Pengembangan Rancangan Pasar Porong merupakan sebuah kontribusi untuk meningkatkan fasilitas gedung pasar menjadi suatu konsep yang modern dan pedagang memiliki tempat untuk berjualan. Berdasarkan keiginan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dilakukan pengembangan rancangan mulai dari perhitungan luas sampai perhitungan struktur. Pada penulisan makalah ini menggunakan metode primer dan sekunder. Data primer berupa kondisi existing dan foto surve lapangan sedangkan data sekunder berupa peraturan – peraturan untuk menghitung luasan ruang Pasar Porong Sidoarjo memilik luasan tanah 16,933,5m² dengan jumlah 1 lantai. Sarana dan prasarana akan dibangun 302 unit kios ukuran 2,5 x 3 = 7,5m², 78 unit ruangan lapak ukuran 2,5 x 3 = 7,5m², 1 unit ruangan auditorium ukuran 15 x 37,5 = 562m², 12 unit ruangan toilet ukuran 1,5 x 1,5 = 3m², 1 ruangan laktasi ukuran 2,5 x 6 = 15², 1 unit ruangan menyusui dengan ukuran 2,5 x 6 = 15m². Data luasan ruangan digunakan untuk menggambar site plan, gambar denah, gambar tampak, gambar potongan, gambar detail pondasi. Selanjutnya hasil dari perhitungan preliminary struktur yaitu (P1) 120x20x20cm (P2) 75x150x150cm, gording pipa baja Ø 6, Tiem beem Ø 4, rafter Ø8, sekor pipa Ø6, kolom pipa Ø8, penutup atap zincalum.
Kata Kunci: Pengembangan Rancangan, Gedung Pasar
ABSTRACT
By:
Public stigma that considers traditional markets seem dirty and smelly results in visitor looking for alternative shopping elshewere. The desire of the sidoarjo Regency goverment to improve Sidoarjo Porong Market facilities is based on the lack of complete facilities and infrastructure. The lack of stalls an stalls causes traders to sell alongsidde the road which should be used as access to and out of the market. The development of the Porong Msrket Design is a contribution to upgrading market building facilities to a modern concept and traders have a place to sell. Based on the goverment of Sidoarjo Regency’s dignity, development of the design starts from the calculationn of the area to the calculation of the structure. In writing this paper using primary and secondary methods. Primary data are in the form of existing conditions and field survey photos while secondary data in the form of regulations to calculate the area of Sidoarjo Porong Market has a land area of 16,933.5 m² with a total of 1 floor. Facilities and infrastructure that will be built are 302 units of stall size 2.5 x 3 = 7.5m², 78 units of stall room size of 2.5 x 3 = 7.5m², 1 unit of auditorium size of 15 x 37.5 = 562m², 12 unit of toilet room size of 1.5 x 1.5 = 3m², location room size of 2.5 x 6 = 15², 1 unnit of nursing room with size of 2.5 x 6 = 15m² . The extent of the data is used to draw site plans, floor plans, visible drawings, cute images, fondation drawings. Furthermore, the results of preliminary structure calculations are (P1) 120x120 (P2) 75x150x150cm, gording steel pipe Ø6, Tiem beem Ø4, rafter Ø8, shovel pipe Ø6, pipe column Ø8, roof cover zincalum.
Keywords: Designt development, market building