Motif Anak Muda Dalam Memainkan Judi Slot Online (Studi Di Kelurahan Ronowijayan Kabupaten Ponorogo)
Motives of Young People in Playing Online Slot Gambling (Study in Ronowijayan Village, Ponorogo Regency)
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, banyak masyarakat memanfaatkannya sebagai sarana tindakan perjudian. Perjudian merupakan tindakan mempertaruhkan uang atau barang berharga lainnya untuk meningkatkan atau mempertahankan nilai. Salah satu fenomena yang terjadi saat ini adalah menjamurnya anak muda yang bermain judi slot online melalui website. Dewasa ini fenomena judi slot online sering terjadi di kalangan anak muda, kebutuhan ekonomi menjadi motivasi utama anak muda melakukan judi slot online agar mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku penjudi slot online, mengidentifikasi cara kerja pada judi slot online, mengidentifikasi motif sebab, mengidentifikasi motif tujuan, dan mengidentifikasi dampak terhadap anak muda di Kelurahan Ronowijayan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat empat kategori yang bisa digunakan untuk menggambarkan bagaimana anak muda bermain judi slot online, yaitu intensitas, toleransi, obsesi dengan pengulangan dan sumber dana judi; 2) dalam permainan judi slot online terdapat jaringan sosial antara pemain dan satu bandar yang hanya terhubung secara online. Selain itu sistem permainan judi slot online menggunakan algoritma dalam menentukan pemenang dan kemenangan ini ditentukan oleh bandar; 3) motif sebab yang mendorong mereka untuk melakukan judi slot online antara lain yaitu keuntungan/kemenangan yang diperoleh, pengaruh lingkungan sekitar, keinginan untuk mencoba, kurangnya kontrol orang tua, kemudahan dalam mengakses, dan faktor keamanan; 4) motif tujuan yang ingin dicapai diantaranya sebagai hobi pelaku, mengisi waktu luang, meningkatkan perekonomian, sebagai pemenuhan kebutuhan gaya hidup, dan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa solidaritas antar teman; 5) keikutsertaan anak muda dalam bermain judi slot online menimbulkan berbagai dampak diantaranya adalah menjadi kecanduan. Mengenai tanggapan masyarakat setempat mengenai judi slot online di kalangan anak muda merupakan suatu hal yang paradoks mengingat mereka adalah manusia-manusia terdidik.
Kata kunci: Motif, Anak Muda, Judi Slot Online
Along with the development of information and communication technology, many people use it as means of gambling. Gambling is the act of risking money or other items of value to increase or maintain value. One of the phenomena that is happening right now is the proliferation of young people playing online slot gambling through website. Today the phenomenon of online slot gambling often occurs among young people, economic needs are the main motivation for young people to do online slot gambling in order to be able to make ends meet. This study aims to identify the actions of online slot gamblers, identify how online slot gambling works, identify causal motives, identify objective motives, and identify impacts on young people in Ronowijayan Village. This study used a qualitative research method with a phenomenological approach. In order to approach this problem, a reference to the phenomenological theory of Alfred Schutz is used. The results of this study indicate that: 1) there are four categories that can be used to describe how young people play online slot gambling, namely intensity, tolerance, obsession with repetition and sources of gambling funds; 2) in online slot gambling games there is a social network between players and one dealer who is only connected online. In addition, the online slot gambling game system uses an algorithm to determine the winner and this win is determined by the dealer; 3) the motives that encourage them to do online slot gambling include the profits/wins obtained, the influence of the surrounding environment, the desire to try, lack of parental control, ease of access, and safety factors; 4) motives for the goals to be achieved include as a hobby for the actor, to fill spare time, improve the economy, as a compliance of lifestyle needs, and as an effort to increase a sense of solidarity between friends; 5) the participation of young people in playing online slot gambling has various impacts, including becoming addicted. Regarding the local community's response to online slot gambling among young people, this is a paradox considering they are educated humans.
Keywords: Motives, Young People, Online Slot Gambling