Pengembangan Multimedia Interaktif 3D Berorientasi Visual Spasial Materi Ikatan Kovalen Polar Non Polar
Development of 3D Interactive Multimedia with Visual Spatial Oriented on Polar Non Polar Covalent Bonding
Visual spasial sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pemahaman submikroskopik seperti pada materi ikatan kovalen polar non polar. Belum banyak multimedia interaktif 3D yang dikembangkan berorientasi visual spasial. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan multimedia interaktif 3D berorientasi visual spasial pada materi ikatan kovalen polar non polar yang layak digunakan. Desain penelitian menggunakan model penelitian R&D (Research and Development) Borg & Gall yang dikembangkan oleh Sugiono, namun dibatasi hanya sampai langkah uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara guru dan siswa untuk mendapatkan data awal (pra-penelitian), validasi, angket respon, observasi aktivitas siswa. Hasil validitas multimedia interaktif 3D yang didapatkan adalah: 1) Validitas isi memperoleh persentase skor penilaian sebesar 91,11% yang dikategorikan sangat valid dan 2) Validitas konstruk memperoleh persentase skor penilaian sebesar 86,81% yang dikategorikan sangat valid. Hasil dari angket respon siswa terhadap multimedia interaktif 3D dihasilkan 82,92% dengan kategori sangat kuat. Hasil dari observasi aktivitas siswa dihasilkan 96,74% dengan kategori sangat kuat. Dari hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif 3D berorientasi visual spasial pada materi ikatan kovalen polar non polar ditinjau dari validitas, hasil angket respon, dan hasil observasi siswa adalah dikategorikan sangat kuat sehingga layak untuk digunakan.
Visual spatial are needed to improve submicroscopic understanding like in polar non polar covalent bonding. Not much 3D interactive multimedia have been developed that are oriented toward visual spatial. The purpose of this research is to development 3D interactive multimedia with visual spatial oriented on polar non polar covalent bonding that is suitable for learning. The research design uses the Borg & Gall R&D (Research and Development) research model developed by Sugiono. The results of the 3D interactive multimedia validity obtained are : 1) The content validity obtained a percentage of 91.11% and 2) The construct validity obtained a percentage of 86.81% both are categorized very valid. The results of the questionnaire responses of students to 3D interactive multimedia generated 82.92% with a very strong category. The results of observations of student activities are 96.74% with a very strong category. From the results obtained, it can be concluded that 3D interactive multimedia categorized as very strong or appropriate for use.