Media pembelajaran yang
memanfaatkan perkembangan teknologi terbaru telah menjadi interaktif dan
informatif, menyajikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan mendalam
bagi siswa adalah tujuan utama. Kemajuan teknologi telah menciptakan perubahan
dalam kondisi pembelajaran siswa, dan salah satu hasilnya adalah adopsi media
pembelajaran berbasis web. Namun dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa
meskipun kelas XII jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Driyorejo telah
dilengkapi dengan sarana pembelajaran berbasis komputer yang cukup baik,
sayangnya pemanfaatannya belum optimal. Dengan demikian, penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan model 4D agar lebih tepat sasaran dengan tahapan
mulai dari define, design, development ,
dan dissemination .
Untuk tahap design peneliti harus
menyiapkan diagram kasus pengguna, diagram aktivitas, dan diagram alir,
Diagram Konteks, serta Diagram Entitas Hubungan, PDM
dan CDM. Di tahap pengembangan media pembelajaran mendapatkan kategori
validitas tinggi dengan nilai pada aspek materi 0,86 dan aspek media, 0,83.
Dalam tahapan dissemination , media
pembelajaran diterapkan kepada siswa dan dari hasil motivasi siswa menunjukkan
motivasi yang tinggi. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar yang meningkat
dimana dibuktikan dari hasil uji parametric menggunakan sample hasil dari uji t
berpasangan menunjukkan nilai T hitung sejumlah 61.989, sementara nilai T tabel
adalah 2,03011. Oleh karena itu, dapat
ditarik kesimpulan bahwa nilai T hitung memiliki magnitudo yang lebih tinggi
dibandingkan dengan nilai T tabel.
Kesimpulan ini menunjukkan bahwa
penerapan media pembelajaran berbasis website menerapkan model pembelajaran
project-based learning dalam pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video efektif
dalam meningkatkan hasil belajar. dengan hasil pretest 35,41 dan hasil posttest
85.94.
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Web, PJBL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.